Kesehatan

4 Manfaat Manis Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

11 Oktober 2018   17:45 Diperbarui: 15 Oktober 2018   16:04 163 0 0

Masa awal Kehamilan memang sangat rawan untuk ibu dan janinnya. Ibu hamil harus hati-hati dalam segala hal termasuk memperhatian asupan nutrisi pada makanan yang di konsumsi agar janin di dalamnya berkembang.

Makanan yang di rekomendasikan untuk ibu hamil salah satunya dalah alpukat. Karena mengandung banyak lemak yang di butuhkan oleh tubuh dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Di kutip dari CNNIndonesia, Berikut beberapa manfaat yang terkandung di dalam buah alpukat bagi ibu hamil

1. Mengurangi Mual dan Muntah

Pada awal masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan di serang oleh morning sickness seperti mual dan muntah-muntah yang sangat mengganggu. Alpukat mengandung Vitamin potasium, K,vitamin C, float, vitamin B6,potasium dan serat. Kandungan tersebut akan membantu ibu hamil mengurangi mual dan muntah.

2. Mencegah kram

Keluhan ibu hamil yang paling sering di temukan adalah kram pada kaki. Mengkonsumsi alpukat dapat mencegah terjadinya kram. Karena mengandung potasium yang tinggi dan rendah garam. 30 gram Alpukat mengandung 152 miligram potasium dan 2 miligram garam.

3. Membantu penyerapan nutrisi

Ibu hamil memerlukan makanan yang memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan ibu dan janin. Alpukat adalah buah yang banyak menyerap nutrisi dengan baik. Karena alpukat mengandung karotenoid yang juga mampu mengurangi resiko penyakit mata dan kanker

4. Mencegah Kecacatan pada bayi

Alpukat memiliki kandungan folat yang membantu perkembangan janin dan dapat mencegah kelainan atau cacat pada bayi yang baru lahir. Asam folat juga berfungsi membantu perkembangan otak, tulang tengkorak dan tulang belakanang pada janin. Pada 4 minggu pertama selama kehamilan pembentukan tersebut akan di mulai.