Mohon tunggu...
dewi nirwana
dewi nirwana Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - happy mom :)

profesi : Ibu rumah tangga sekaligus wirausaha pernah bekerja di RSUD Kota pontianak

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Si Coklat yang Kaya Manfaat

28 Januari 2022   23:58 Diperbarui: 29 Januari 2022   00:13 53 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dhewi.ns_dipekarangan rumah

Sawo merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk indonesia. tentu saja khasiat buah sawo tidak sedikit, ada banyak khasiat buah sawo bagi tubuh salah satu nya menurunkan kadar gula dan mengatur sistem pencernaan.

Buah sawo umumnya dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut karena teksturnya yang lembut serta rasa dan aromanya yang manis. Anda bisa mengonsumsi sawo dengan cara dimakan langsung atau dengan mengolahnya menjadi jus.

Tanaman sawo ( Manilkara kauki L ) merupakan salah satu jenis tanaman tahunan, yang berbuah tanpa ada musim. Tanaman sawo ini berasal dari Guetemala ( Amerika tengah ), meksiko dam hindia barat. Tanaman ini menyebar keberbagai benua salah satunya asia yaitu indonesia yang di tanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1200 m dpl,  terdapat di jawa dan madura. 

Buah sawo banyak disukai karena memiliki rasa manis, legit serta daging buah yang lunak dan lembut. dibalik rasanya yang manis itu tersimpan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Buah sawo kaya akan kandungan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, niasin, dan folat. Tak hanya itu, sawo juga mengandung mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, dan fosfor. Dalam 1 buah sawo terkandung kurang lebih 140 kalori. Tidak hanya itu, buah sawo juga mengandung antioksidan, di antaranya adalah polifenol dan karotenoid.

Berikut ini manfaat dari buah sawo bagi kesehatan :

Melawan radikal bebas

Buah sawo memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan di dalam buah sawo memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas.sumber radikal bebas contohnya dari makanan,reaksi tubuh terhadap sinar matahari,udara. 

Radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit salah satunya kanker dan penyakit jantung. kita dapat mencampurkan beberapa macam jenis buah lainnya yang kaya antioksidan menjadi cara terbaik untuk menangkal radikal bebas di tubuh.

Melancarkan pencernaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan