Mohon tunggu...
Dewi Nurhasanah
Dewi Nurhasanah Mohon Tunggu... Mahasiswi

Sedang menjalankan studi S1 di jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Citra Menulis

18 Februari 2020   21:07 Diperbarui: 18 Februari 2020   21:22 12 0 0 Mohon Tunggu...

"Menulis itu bukan bakat, menulis itu keahlian, bisa di asah" ujar Kak Diantika I.E, M.Pd.

Menulis merupakan kata yang sering sekali didengar dan diucapkan, yang kata sebagian orang merupakan hal yang sulit dilakukan. Jika dilihat, pengertian menulis ialah aktivitas menuangkan ide, gagasan, yang mengandung suatu pesan yang ingin atau tidak ingin disampaikan kepada khalayak umum. Namun, menulis seringkali dianggap hal yang sulit. Sehingga, terkadang banyak orang yang memilih untuk tidak memulai mengenal dunia menulis.

Sesuatu yang perlu disadari bahwa menulis tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Menulis merupakan aktivitas yang dilakukan sedari kecil. Dasar-dasar menulis yang dipelajari ditingkat sekolah dasar pun sudah dilalui. Lalu, yang menjadi pertanyaan ialah mengapa kemudian menulis masih di anggap sebagai sesuatu yang sulit dilakukan?

Aktivitas yang sulit dilakukan, begitulah citra menulis pada pandangan sebagian individu. Menulis seringkali dianggap sebagai bakat. Namun ternyata, menulis ialah suatu keahlian, bisa diasah dan dilatih bagi siapapun yang ingin mempelajarinya.

Ide menulis terkadang menjadi hambatan bagi sebagian orang yang menganggap bahwa menulis itu sulit dilakukan. Akan tetapi, banyak hal yang dapat dilakukan agar ide menulis tersebut muncul dipikiran.  

Adapun hal-hal yang dapat dilakukan agar ide menulis itu muncul ialah dengan membaca buku, berdiskusi, berpetualang, menonton berita, film, dan lain sebagainya. Banyak cara yang dapat dilakukkan untuk siapapun yang mau mengusahakannya.

Dengan membaca, wawasan dan cakrawala seseorang akan berkembang. Ide-ide setelah membaca buku terkadang akan bermunculan. Adapun dengan berdiskusi, seperti yang diketahui bahwa dengan berdiskusi artinya ada proses pertukaran pikiran dan gagasan, sehingga pikiran seseorang akan terbuka dan alhasil ide pun akan bermunculan. 

Begitupun dengan menonton berita, film, dengan melakukan hal tersebut akan ada ide yang bermunculan dipikiran setiap individu. Namun, ketika ingin mendapatkan ide pun harus disesuaikan dengan tulisan apa yang kemudian akan dibuat.

Sehingga, menulis dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun berada. Kuncinya satu, kemauan.

Banyak hal yang tidak sadari bahwa hal itu adalah perkara yang mudah dilakukan. Terkadang, mindset yang menghambat aktivitas seseorang. Ketika hal tersebut dianggap mudah, maka akan terasa mudah. Ketika dianggap sulit. Maka akan terasa sulit. Sehingga tanamkan dalam pikiran dan yakinkan bahwa menulis adalah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Ikatlah ilmu dengan tulisan, ujar kebanyakan orang.

VIDEO PILIHAN