Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Tips Sehat dan Cantik Selama Ramadhan

6 April 2023   07:29 Diperbarui: 6 April 2023   07:32 790
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pagi yang indah. Dokumen pribadi.

Pagi pertengahan Ramadhan, masih menyisakan bulan purnama di ufuk barat. Indah cahaya rembulan semalam menghias langit Jakarta nan cerah. 

K-Ners adakah yang sudah bolong puasanya? Semoga selalu sehat ya dan lancar menjalan ibadah yang penuh berkah dan rahmat-Nya.

Jaga Shalat Dhuha dan Olahraga Agar Sehat Jiwa Raga

Menjaga kesehatan itu adalah tugas mulia sebagai tanda bersyukur kepada Allah Yang Maha Baik lagi Maha Pemberi Karunia. Ada dua hal penting dalam merawat sehat menurutku, yaitu peregangan melalui shalat Dhuha dan olahraga. 

Pentingnya peregangan adalah agar tubuh tetap sehat, bugar, dan elastis. Peregangan merupakan gerakan pemanasan yang umumnya dilakukan sebelum olahraga. Gerakan ini bertujuan untuk mempersiapkan otot tubuh sebelum melakukan gerakan yang lebih intens agar tidak mengalami cedera.

Manfaat peregangan yaitu:

  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menjadi kurang lentur terlebih jika jarang bergerak atau berolahraga.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Mengatasi nyeri punggung.
  • Meredakan stres.

Apa hubungannya peregangan dengan shalat Dhuha? Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam menyebutkan peregangan dengan ungkapan santun yaitu "hak dari tiap persendian". Seperti yang diriwayatkan Buraidah r.a bahwa Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam bersabda: "Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya."

Sehat sekeluarga itu penting loh! Aku senang bisa gowes bareng Teteh pada akhir pekan.  Dokumen pribadi.
Sehat sekeluarga itu penting loh! Aku senang bisa gowes bareng Teteh pada akhir pekan.  Dokumen pribadi.

Selain peregangan melalui shalat Dhuha, aku juga berupaya melakukan olahraga secara rutin. Tentu setiap orang memiliki kesukaan berbeda. Aku senang jalan kaki, renang, dan bersepeda. Sesekali tracking di alam bebas. Pada waktu SD dan SMP, aku ikut beladiri silat, tapi sekarang sudah tidak lagi. Pernah juga ikut klub aerobic dan yoga tapi tidak rutin.

Manfaat utama yang bisa didapatkan dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ketika berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah terserang penyakit. Jika sakit pun lebih mudah recovery tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia berlebihan. Alhamdulillah ...

Oya ... Satu lagi hal penting dari olahraga yang aku rasakan manfaatnya yaitu berat badan yang stabil dan kadar lemak yang rendah. Berat badanku 42-43 kg dengan tinggi badan 153 cm. Sedangkan berdasarkan data dan dimasukkan ke rumus Broca, berat badan ideal untuk tinggi 153 cm adalah 45,05 kg. Masih kurang ya? Kadang agak kebablasan sih ... Aku kalau kurang tidur dan kurang makan ngedrop tensinya. Jadi ya harus jaga jangan sampai kurang tidur dan kurang makan ha3 ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun