Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cara Merawat Sehat dengan Olahraga dan Salat Dhuha

20 September 2022   08:07 Diperbarui: 20 September 2022   08:14 164 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga adalah tanda syukur atas nikmat sehat. Dokumen pribadi. Dokumen pribadi

Sebagai tanda bersyukur kepada Allah Yang Mahabaik lagi Maha Pemberi Karunia, aku berusaha untuk merawat sehat. Ya ... Sehat adalah sebuah karunia tiada terhingga. Sehat tidak semata raga saja, tetapi penting kita perhatikan juga jiwa. Lahir dan batin sejatinya harus sehat secara seimbang.

Ada hal penting dalam merawat sehat jiwa dan raga menurutku yang seringkali terlupakan, yaitu peregangan otot atau stretching. Mengapa penting? (terutama untuk orang seusiaku yang sudah golden age: 50 tahun ke atas). Stretching atau peregangan otot adalah aktivitas yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap lentur, kuat dan, sehat. 

Stretching bisa dilakukan walau tidak sedang berolahraga. Menurut para ahli, justru disarankan untuk melakukan stretching atau peregangan setidaknya 2 kali dalam seminggu, masing-masing selama 60 detik. Terdapat beragam jenis stretching yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Olahraga Pangkal Sehat

Aku berupaya melakukan olahraga secara rutin. Tentu setiap orang memiliki kesukaan berbeda. Jalan kaki, renang, dan bersepeda adalah kesukaanku. Sesekali tracking di alam bebas.  Pernah juga ikut klub aerobic dan yoga tapi tidak rutin. Pada waktu SD dan SMP, aku ikut beladiri silat, tapi sekarang sudah tidak lagi.

Manfaat utama dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Ketika berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak sehingga akan memicu proses metabolisme serta sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah terserang penyakit. Jika sakit pun lebih mudah recovery tanpa harus mengonsumsi obat-obatan kimia berlebihan. Alhamdulillah ...

Beberapa olahraga yang aku lakukan di antaranya:

1. Renang,  manfaat renang adalah menjaga berat badan ideal, membentuk dan menguatkan otot, baik untuk kesehatan jantung, serta tubuh menjadi rileks. Aku sering berenang bersama anak sekaligus menjalin bonding dan menularkan hobi baik ini.

Mengisi waktu berlibur bersama anak dengan olahraga renang. Dokumen pribadi
Mengisi waktu berlibur bersama anak dengan olahraga renang. Dokumen pribadi

Baca juga info kolam renang keren di sini: Kolam Renang Tertinggi di Indonesia

2. Bersepeda, manfaatnya adalah membantu membakar kalori dan menjaga metabolisme tubuh. Gowes (walau santai saja) bisa menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah. Nah ... Ada juga manfaat keren yang jarang diketahui, yaitu menurunkan tingkat stres dan depresi. Imunitas tubuh juga meningkat, keren kan? Bagi yang sulit tidur atau insomnia, gowes bisa loh menjadikan kualitas tidur kita semakin baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan