Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Aktivitas Tanpa Batas Keluarga Hebat dengan Internetnya Indonesia

17 Juli 2022   23:32 Diperbarui: 17 Juli 2022   23:58 144 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aku dan suami saling menguatkan untuk bersama membangun keluarga hebat, insyaallah. Dokumen pribadi.

Kepingin nggak sih menjadikan keluarga kita  ? Keluarga yang saling mencintai dan peduli, saling terhubung dan tergantung satu dengan yang lain (ayah, ibu dan anak), memiliki quality time bersama, sekaligus menjadi team yang memiliki komitmen dan bertumbuh bersama ..

"Setiap keluarga mampu menjadi hebat, selama mereka menemukan kehebatannya dan fokus menumbuhkan itu bersama tim keluarganya.

 Aku ingin berbagi pengalaman membangun keluarga hebat dengan dukungan IndiHome by Telkom Indonesia. Terutama saat anak-anak sudah beranjak besar dan memiliki aktivitas yang membutuhkan fasilitas internet.

1. Tetap Terhubung dengan Kaka dan Mas di Masa Pandemi

Aku ingin berbagi pengalaman tetap terhubung dengan keluarga walau tidak bisa mudik saat lebaran. Sedih pastinya ... Dua anakku, Kaka dan Mas yang tinggal di Bandung tak bisa pulang ke Jakarta. Selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri pada tahun 2020 dan 2021 mereka tetap berada di Bandung.

Kaka baru saja wisuda dari Fakultas Peternakan Unpad dan Mas sedang menempuh kuliah di Planologi ITB. Kaka tinggal di Jatinangor Sumedang dan Mas di Jatihandap Bandung, sedangkan aku, suami, dan anak bungsu Teteh tinggal di Kramatjati Jakarta. Ya ... Kebetulan tempat tinggal kami ada kata 'jati'-nya. Alhamdulillah 3 jati bisa terhubung dengan adanya IndiHome di rumah masing-masing.  

Apa yang kami lakukan untuk  tetap terhubung? Kami membuat jadwal online meeting dengan beberapa aplikasi. Senangnya hati kami walau tak bisa bertemu secara langsung. Namun kami bisa saling bertatap muka serta mendengarkan suara secara virtual. Aku sebagai ibu sangat bersyukur bisa mendengar cerita suka duka Kaka dan Mas harus bersabar dan tetap semangat di masa yang sulit. 

Aku juga bisa rutin mengirimkan doa-doa lewat aplikasi percakapan agar Kaka dan Mas tetap merasa ditemani oleh orangtuanya. Saling berkirim foto kegiatan sehari-hari walau di rumah saja tetap membuat rasa bahagia membuncah. Imunitas juga bertambah tentunya bila hati kita lapang dan tenang. 

2. Teteh Berhasil Menghafal Al-Qur'an 30 Juz

Masyaallah ... Sungguh karunia Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Pemurah di saat harus belajar dari rumah, Teteh sangat terbantu dengan adanya IndiHome dengan koneksi internet yang stabil. Kisahnya sangat menyentuh hati aku sebagai ibunya yang sehari-hari menemani Teteh bersusah payah bahkan bercucuran airmata saat menghafal ayat demi ayat Al-Qur'an.

Harusnya Teteh kelas 7 masuk pesantren di SMP Qur'an Al Ihsan, tetapi masa pandemi membuat seluruh santri belajar dari rumah. Program menghafal Al-Qur'an setiap hari dimulai selepas shalat subuh dengan video call dengan ustadzah. Teteh menyetorkan minimal 1/2 halaman. Lalu dilanjutkan halaqah mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan menyetorkan hafalan minimal 2 halaman. Selepas shalat maghrib, Teteh menyetorkan kembali 1/2 halaman. 

Kegiatan Teteh saat sekolah daring. Dokumen pribadi.
Kegiatan Teteh saat sekolah daring. Dokumen pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan