Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Jakarta Hajatan 495: Jejak 7 Spot Gowes yang Keren Banget

22 Juni 2022   18:45 Diperbarui: 19 September 2022   12:04 687
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Skybuilding di pusat Kota Jakarta. Dokumen pribadi.

Selamat ulangtahun Kota Jakarta yang ke 495. Jakarta Hajatan 495 dengan tema kolaborasi, akselerasi, elevasi diusung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Sebagai warga kota yang telah tinggal sejak tahun 1976 (saat itu aku pindah dari Kuningan ke Jakarta karena Bapa melanjutkan kuliah spesialis kedokteran di Universitas Indonesia). 

Pertama kali menjadi warga kota ini aku masuk di SD Muhammadiyah 7 pagi Tebet Barat kelas 1 pada usia 6 tahun. Keluargaku tinggal di daerah Cikoko Pancoran belakang kantor Badan Perfilman Indonesia (BPI). 

Gowes di GBK bersama suami. Dokumen pribadi.
Gowes di GBK bersama suami. Dokumen pribadi.

Kali ini aku ingin berkisah tentang hobiku bersepeda. Bapak membelikan sepeda mini saat aku duduk di kelas 3 SD. Sejak saat itu aku senang sekali bermain sepeda, pagi sebelum berangkat sekolah, siang pulang sekolah, dan sore hari selalu diisi dengan gowes keliling kampung.

Ketika kelas 5 SD keluargaku pindah ke daerah Kramatjati, hobiku bersepeda terus berlanjut. Aku senang gowes di sekitar komplek tempat tinggal dan perkampungan di belakang rumah sakit Polri, Halim, hingga ke Condet. 

Kini Kota Jakarta telah memiliki beberapa jalur khusus sepeda di pusat kota. Aku dan suami hingga kini masih terus bersepeda sebagai pilihan gaya hidup sehat. Ada banyak tempat di Kota Jakarta yang telah kami susuri dengan sepeda. Nah ... Aku ingin berbagi 7 spot yang keren banget untuk gowes. 

1. Pusat Kota Jakarta (Sudirman - Thamrin - Monas - TIM)

Bersepeda di pusat kota sekarang sangat nyaman. Selain saat car free day, pada hari-hari biasa pun aku sering gowes melewati rute yang keren ini. Bangunan pencakar langit berderet megah di sepanjang jalan. 

Trotoar lebar dengan pepohonan yang membuat suasana lebih rindang dan sejuk. Bila lelah bisa sejenak berehat di bangku yang telah disediakan di beberapa tempat. 

Jalur khusus sepeda sepanjang koridor Sudirman - Thamrin. Dokumen pribadi.
Jalur khusus sepeda sepanjang koridor Sudirman - Thamrin. Dokumen pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun