Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Tetap Sehat dan Gaya Saat Puasa

14 April 2021   10:08 Diperbarui: 14 April 2021   12:21 235 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Sehat dan Gaya Saat Puasa
Mengisi waktu dengan tilawah Al Quran, membaca buku, dan menulis di Kompasiana (Dokpri)

Belajar dari tahun lalu, saat menjalankan puasa Ramadhan di tengah wabah pandemi Covid-19. Aku bersyukur diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadah yang penuh berkah. 

Puasa mengandung hikmah mendidik umat Islam untuk berkehidupan bersama dalam kedamaian. Ibadah puasa Ramadhan yang dilaksanakan dengan baik dan benar sejatinya akan menjadikan kita lebih bertaqwa dan beriman kepada Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Pemurah. Agar puasa terasa nyaman, tentu kita harus tetap menjaga kesehatan. Terlebih dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini.

Kita harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam bulan penuh berkah ini. Aku bangun sekitar pukul tiga dini hari, menyiapkan sahur, lalu shalat tahajud, dan tilawah Al Quran. Sedangkan siang hari selain mengerjakan tugas mengajar mahasiswa dan menyiapkan materi perkuliahan, juga membaca buku dan menulis di Kompasiana. Apalagi tahun ini seru sekali ada tantangan #SamberTHR2021 dengan hadiah yang sangat menarik. Supaya menulisnya lancar dan terus mengalir ide-ide untuk artikel tentu harus rajin membaca dan berkunjung ke lapak Kompasianer lain. Sekaligus menjalin silaturahmi.

Kami sekeluarga sudah menetapkan target untuk mengkhatamkan Al Quran dalam bulan Ramadhan ini. Anakku bungsu karena bersekolah di SMP Quran Boarding School, jadi punya target ziyadah hafalan Al Quran semester ini semoga bisa 20 juz, mutqin 5 juz Insya Allah.

Tilawah one day one juz dan setoran ziyadah Al Quran (Dokpri)
Tilawah one day one juz dan setoran ziyadah Al Quran (Dokpri)

Oya ... Aku juga tetap menjaga kenyamanan dengan tetap gaya ketika di rumah saja. Tidak juga karena di rumah lalu asal-asalan saja penampilan kita. Misalnya tidak mandi, lupa menyikat gigi, dan tak menyisir rambut ha3 ... Tentu hal itu akan membuat penghuni rumah lainnya kesal dengan kita. Rumah juga tetap ditata dengan rapi. Membersihkan perabotan dari debu. Menyapu lantai lalu mengepel  dengan karbol atau disinfektan untuk membunuh kuman. Mengganti alas tidur minimal sepekan sekali. Mencuci pakaian, peralatan shalat, dan handuk dengan rutin. 

Jadi sehat dan gaya itu perlu ya dilakukan agar selama puasa kita tetap happy. Bahagia lahir dan batin.

Pengalaman tahun lalu, aku dan anakku bungsu membuat daftar menu buka dan sahur. Sederhana saja. Terpenting ada buah-buahan, sayuran, dan lauk. Kebetulan suami juga terbiasa makan raw food jadi mudah saja mengolah makanannya. Aku membuat salad buah atau jus buah. Jadi di kulkas bisa disiapkan apel, nanas, semangka, melon, buah naga merah, jeruk peras, jeruk nipis, alpukat, pepaya, strawberry, kiwi, peach, dan pir. Sedangkan pisang tidak bisa disimpan dalam kulkas. Keluargaku tidak begitu suka kolak.

Anakku bungsu sudah bisa membantu memasak (Dokpri)
Anakku bungsu sudah bisa membantu memasak (Dokpri)

Aku tim emak-emak yang senang memasak santai dan mudah loh! Gak mau ribet sih he3 ... (sssttt ... rahasia loh ya : aku gak pinter masak). Tumis beraneka sayuran seperti wortel, brokoli, jamur, kacang panjang, tauge, kangkung, sawi, pokcay, dan buncis. Sayur bening bayam ditambah jagung manis juga kesukaan anakku. Sayur lodeh dan sayur asem favoritku plus sambal terasi ... Wuuiiihhhh mantap sekali. Kalau ingin sayuran mentah aku biasanya membuat salad mentimun, tomat, salada, parutan wortel dengan toping minyak zaitun, mayo, dan sedikit taburan keju.

Lauknya paling mudah sih tempe, tahu, ikan, ayam, dan sesekali daging. Entah mengapa ? Tempe tak pernah bosan ya he3 ... Bisa diorek, dibumbu tepung, dibacem, atau ditumis dengan teri dan cumi asin. Tahu bisa dipepes dan dibuat perkedel. Sedangkan ikan seperti fillet dori dan lele bisa goreng tepung. Ayam ungkep lengkuas, atau bumbu kalasan, betutu dan woku menjadi pilihan menu yang mengundang selera. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN