Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Konsep Manajemen Pemasaran untuk Kelas Manajamen Bisnis

7 Januari 2021   10:19 Diperbarui: 7 Januari 2021   10:45 641
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marketing in a changing world : creating customer, value, and satisfaction. 

Tujuan pembelajaran tentang konsep manajemen pemasaran adalah menjelaskan ruang lingkup,pengertian, dan tujuan pemasaran. Topik ini juga menjelaskan arti pasar, pemasaran, dan manajemen pemasaran.

Buku yang digunakan sebagai panduan adalah Principles of Marketing, yang ditulis oleh Kotler dan Armstrong. Buku karya Hermawan Kartajaya yang berjudul Marketing Plus 200 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Serta buku berjudul Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan karya Ali Hasan.

Principle of Marketing by Kotler and Armstrong
Principle of Marketing by Kotler and Armstrong

Pada umumnya, pasar dalam pengertian modern, pasar diartikan secara lebih luas yaitu tempat di mana pembeli dan penjual saling mengadakan kontak, tetapi kontak tersebut tidak selalu dalam arti fisik. Era digital telah mendobrak definisi pasar secara tradisional. 

Pemasaran dapat diartikan sebagai suatu sistem pertukaran yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, untuk memenuhi kebutuhan para pemakai barang dan jasa. Sistem pertukaran terdiri dari : produsen, konsumen, pedagang perantara, fasilitas pergudangan, transportasi, perbankan, asuransi, informasi, peraturan pemerintah, dan sebagainya. Sistem tersebut harus berjalan dan berfungsi dengan semestinya.

Manajemen pemasaran meliputi kegiatan analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program-program yang dirancang agar dapat menghasilkan pertukaran yang diinginkan pada target pasar tertentu, sedemikian hingga tujuan organisasi tercapai. Strategi pemasaran melalui harga, komunikasi, dan distribusi yang efektif.

Dalam penyediaan empat kegunaan (utility) ekonomi, yaitu kegunaan bentuk, waktu, tempat, dan pemiikan seringkali menghadapi kendala. Maka disiplin ilmu pemasaran tidaklah dapat berdiri sendiri. Fungsi pemasaran akan berjalan baik bila berkolaborasi dengan fungsi keuangan, seumebrdaya manusia, produksi, riset dan pengembangan.

Marketing dan kasus-kasus pilihan.
Marketing dan kasus-kasus pilihan.

Penerapan teori pemasaran dalam bisnis yang dijalani mencakup beberapa hal, yaitu fokus pemasaran, transparansi nilai, aktivasi merek, tren pelanggan, investasi dalam produk, pemasaran hubungan pelanggan (customer relationship marketing / CRM), media online sebagai pulled markeing (pemanfaatan internet dan ecommerce), dan perubahan lingkungan bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun