Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Misteri Gunadharma Arsitek Borobudur

5 Desember 2020   18:16 Diperbarui: 5 Desember 2020   19:16 184 16 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Misteri Gunadharma Arsitek Borobudur
Teteh penasaran dengan kisah Gunadharma, arsitek Borobudur (Dokpri)

Perjalanan kali ini bersama si bungsu, Teteh Maryam Aliyya Al Kindi ke Yogyakarta untuk sebuah misi. Aku sering mengajak Teteh menikmati berbagai karya arsitektur modern. Seumpama sky building sepanjang jalan Sudirman - Thamrin - Rasuna Said - MT. Haryono Jakarta. Tapi, Teteh penasaran dengan bangunan kuno bernama Borobudur.

Kok bisa penasaran ?; Ceritanya sih pertengahan tahun 2017, aku dan si tengah yang sekarang kuliah di ITB sedang diskusi untuk menentukan pilihan jurusan kuliah. 

Dia berminat dengan dunia arsitektur dan perencanaan kota. Nah ... Aku dan suami juga alumni arsitektur ITB jadi bisalah kasih gambaran gimana kuliah di arsitektur itu.

Sambil ngobrol santai aku juga kilas balik kisah ospek himpunan IMA-Gunadharma. Tetiba, Teteh nyeletuk, 'Aku mau dong ke Borobudur. Kan itu dibangun sama Gunadharma.' 'Waaaaahhhh ... Teteh tahu dari mana ?' tanyaku. 'Ada kok bu, kan ada soal gini ... candi Borobudur tempat ibadah agama apa ?, Trus aku searching google arsiteknya bernama Gunadharma'.

Jadilah ... Liburan Desember 2017 Teteh minta ke Yogyakarta dengan tujuan utama Borobudur.

Hari yang cerah. Langit biru memayungi Borobudur. Candi umat Budha yang dibangun mulai tahun 770 Masehi. Selesai pembangunan pada tahun 825 Masehi. He3 ... Aku jadi guidenya Teteh nih. Sekalian reka ingatan saat kuliah dulu kudu hafal sejarah bangunan yang spektakuler di jamannya hingga saat ini.

Gunadharma, arsitek kerajaan Syeilendra dikisahkan berdiri di sebuah bukit yang dikelilingi danau. Posisi bukit dengan ketinggian 265 m.dpl yang dikelilingi bentang alam sangat indah memberikan inspirasi kepada Gunadharma. Namun, Gunadharma sendiri masih misteri loh! 

Waaahhh ... Tinggi sekali. Ayo! Teh semangat. (Dokpri)
Waaahhh ... Tinggi sekali. Ayo! Teh semangat. (Dokpri)

Sejauh mata memandang keindahan alam tersaji dan membuat Gunadharma memperoleh ide untuk membangun sebuah petilasan. Tampak dikejauhan tujuh gunung mengelilingi, diantaranya adalah gunung Merapi dan gunung Merbabu. Borobudur terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar. Sedangkan di atasnya ada tiga pelataran berbentuk melingkar. 

Tampak dikejauhan gunung Merapi  (Dokpri)
Tampak dikejauhan gunung Merapi  (Dokpri)

Stupa utama berada dipuncak dan dikelilingi 72 stupa berbentuk lonceng terbalik. Batu berukir relief yang detailnya luarbiasa menghiasi seluruh dinding bangunan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x