Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Jalankan Hobi di Sela PJJ

3 Desember 2020   16:48 Diperbarui: 3 Desember 2020   17:14 96 12 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalankan Hobi di Sela PJJ
PJJ di masa pandemi Covid-19

Senangnya saat pembelajaran jarak jauh bisa jalankan hobi. Tidak bermacet ria pergi dan pulang sekolah. Kalau Teteh, Maryam Aliyya Al Kindi yang seharusnya nge-boarding school alias pesantren sih senengnya masih bisa di rumah. Bisa ketemu terus sama ibunya. Ha3 ... Begitulah si bungsu. Uyel-uyelan dan gelendotan manja sama ibunya tuh masih dilakoni.

Ada pengalaman asyik juga loh! PJJ bisa dikerjakan di mana saja. Suatu kali suamiku harus workshop di Hotel Sentul Bogor selama 3 hari. Kebetulan dapat kamar yang disediakan tipe apartemen 2 kamar dan fasiltas lengkap seperti dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Nah ... Teteh semangat dong kepingin PJJ di hotel. Ha3 ... Hayulah cuuussssss. Tetap waspada dan jalankan protokol kesehatan 3M ya Teh.

Kali lain PJJ di rumah walau jadwal padat merayap masih bisa diseling menjalan hobi. Teteh suka membuat prakarya dari kain. Jadi lah ikat rambut sebanyak lebih dari 10 bermacam motif.

Ikat rambut karya Teteh (Dok. pribadi) 
Ikat rambut karya Teteh (Dok. pribadi) 

Teteh juga suka melukis. Ini sih keturunan deh! Jadi di sela PJJ tangannya kadang iseng corat-coret kertas pakai spidol atau brush pen. Malah sempat juga pakai media cat air. 

Lukisan Teteh menggunakan media kertas dan cat air (Dok. pribadi) 
Lukisan Teteh menggunakan media kertas dan cat air (Dok. pribadi) 

Hobi lainya yang bikin aku seneng tuh, baking. Teteh sempat buat garlic bread dan bermacam cake yang yuummmmyyy. Kudapan ini cocok sekali untuk teman minum kopi di senja hari saat rehat PJJ.

Garlic bread buatan Teteh (Dok. pribadi)
Garlic bread buatan Teteh (Dok. pribadi)
Semoga selalu sabar dan semangat ya Teteh. Sejatinya belajar adalah kebutuhan. Jadi belajar bisa di mana saja. Kapan saja. Dengan metode apa sja. Merdeka belajar itu keren. Namun lebih bermakna lagi kalau bahagia belajar.

Belajar itu sepanjang hayat. Hasil bukan tujuan. Proses adalah nilai sesungguhnya. Hikmah dari setiap langkah belajar itulah yang penting. Kebajikan, kejujuran, tanggung jawab, mandiri, disiplin, istiqamah, tangguh, dan pantang menyerah adalah hal utama yang harus menjadi pondasi. Selain kecakapan akademis dan keterampilan teknis.

Semangat PJJ ya Teteh kesayangan (Dok. pribadi)
Semangat PJJ ya Teteh kesayangan (Dok. pribadi)
Allah Yang Maha Baik lagi Maha Mulia, akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu -ulil albab. Dan ilmu Al Quran yang sedang Teteh pelajari saat ini adalah utama dan terpenting, Insya Allah. 

Selama dua pekan Teteh memasuki ujian akhir semester  (Dok. pribadi)
Selama dua pekan Teteh memasuki ujian akhir semester  (Dok. pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN