Mohon tunggu...
dewilailypurnamasari
dewilailypurnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... around the world

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Travel

Keajaiban Danau Toba

28 Agustus 2018   17:28 Diperbarui: 28 Agustus 2018   17:34 223 0 0 Mohon Tunggu...

Diketinggian 1550 m dpl, aku terpana dan terus berucap Masya Allah ... Allahu Akbar. Perjalanan sekitar setengah jam dari Bandara Internasional Silangit terdapat sebuah tempat bernama Huta Ginjang. Pemandangan indah terbentang ... Permukaan Danau Toba  tampak biru gelap dikelilingi oleh hijaunya pepohonan di bukit-bukit dan pulau Samosir.  Langit siang terang benderang biru berhias awan putih tipis. 

Keajaiban Danau Toba begitu dalam terasa di jiwa. Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Kaya melimpahkan keindahan ini kepada negeri tercinta Indonesia.  Danau Toba terbentuk melalui proses geologis berupa ledakan tektonovulkanik pada Gunung Toba sekitar 75ribu tahun silam.  Ledakan multimegation pada perut bumi telah menciptakan kaldera volkano. Puncak Gunung Toba yang meledak tersebut adalah Pulau Samosir yang tidak ikut hancur. La;dera volkano yang selanjutnya berisi air tersebut dinamakan Danau Toba.

Danau hamparan air terindah dan terluas di muka bumi. Danau Toba berbentuk lonjong panjang 82 km dan lebar 42 km. Pulau Samosir berukuran 38 km panjang dengan lebar 18 km. Danau berisi 2.860 juta ton air dengan kedalaman hingga 450m. 

dokpri
dokpri
Aku merasa sangat bersyukur berada di Danau Toba. Betapa Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia menyampaikan ayat-ayat kauniah dengan nyata dan gamblang. Letusan Toba memuntahkan 10ribu metrik ton belerang yang mengakibatkan huhjan asam selama berbulan-bulan. Letusan Toba jauh lebih besar dari dua letusan gunung lain di Indonesia, yaitu Tambora yang memuntahkan 100 kil0 metrik batuan dan debu tahun 1816, dan Krakatau yang memuntahkan 21 kilometrik batuan dan debu tahun 1883.

dokpri
dokpri
Menikmati Danau Toba akan terasa lebih asyik bila menginap di salah satu tempat keren. Kali ini aku menginap di sebuah hotel yang menghadap langsung dan persis di pinggir danau. Tepatnya hotel ini terletak di sebuah tanjung yang menjorok ke danau dengan latar bukit pinus. Bahkan lebih menantang lagi hotel ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan kapal dari dermaga di Balige. Waaaahhh ... Bagaimana ya rasanya terjebak dalam indahnya suasana Danau Toba ? Kita lanjutkan di tulisan berikutnya ok!

VIDEO PILIHAN