Wisata

Senjakala di Sepotong Surga, Ekor Borneo

10 November 2018   23:41 Diperbarui: 10 November 2018   23:55 291 2 1
Senjakala di Sepotong Surga, Ekor Borneo
dokpri

Kalimantan Barat tidaklah terlalu terkenal dengan objek wisatanya, padahal terdapat tempat dengan julukan "sepotong surga diekor borneo". Sebuah wilayah di perbatasan dan unik yang memiliki panorama menarik. Sayangnya belum banyak yang tau keberadaannya. Desa Temajuk kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Provinsi KalBar akan menjadi tempat penghilang penat dan tempat istirahat paling pas untuk liburan Anda. 

Terkadang istirahat sejenak dalam pekerjaan dan pelajaran untuk merefresh otak dan hati sangat diperlukan, Temajuk menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat. Untuk sampai ke Temajuk dapat menggunakan pesawat dari Jakarta-Pontianak, kemudian sampai Pontianak bisa menggunakan Mobil atau Motor menuju Singkawang-Sambas-Temajuk. Tiket Pesawat bisa Anda beli Pegipegi

Perjalanan dari Pontianak-Temajuk kurang lebih 12 Jam menggunakan Mobil. Bisa menggunakan 2 jalur yaitu penyebrangan 2 kali di Sekura dan . atau lewat jalur darat di Sajingan. Agar traveling Anda menyenangkan Anda bisa melihat tips Traveling di Tips (Travel Blog milik Pegipegi: Pegipegi.com/travel).

Temajuk merupakan pesisir pantai yang menyajikan keindahan alam yang masih alami. Panjang pantai Temajuk ini kira-kira 120 kilometer dari Kota Sambas dan 232 kilometer dari ibu kota provinsi yaitu Pontianak. Dengan luas wilayah 2640 Km  kawasan pesisir ini berbatasan di sebelah Barat langsung dengan Laut Natuna  dan Malaysia Timur. 

Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Laut Cina Selatan. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Galing.Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sajingan Besar & Biawak Malaysia. Keunikan dari pantai Temajuk Hamparan pasir yang sangat luas dengan lebar sekitar 100-150 meter ketika air surut.

Temajuk merupakan salah satu desa yang sangat unik, jika dilihat dari peta maka letak desa temajuk persis pada ekor di borneo. Berbatasan langsung dengan negri jiran menjadikan beberapa kebudayaan juga tercampur. Contohnya seperti pada perayaan tahun baru Islam yang diadakan seperti lebaran juga acara pernikahan dengan saprahan.  

Hal ini tidak terlepas dalam penggunakaan bahasa nya juga. Meski satu rumpun suku melayu, tapi terdapat logat dan penggunaan bahasa yang berbeda. Dikarenakan jarak Malaysia lebih dekat dibandingkan kota Sambas, maka masyarakat lebih banyak memilih berbelanja di Malaysia dibandingkan Indonesia. 

Hal ini berdampak pada penggunaan mata uang yang juga menarik. Transaksi dilakukan dengan dua mata uang yakni rupiah dan ringgit, baik di Temajuk maupun di wilayah Melano, Malaysia. ( foto makan )

Jika Anda berlibur di Temajuk, ada beberapa Tempat wisata yang tak boleh Anda lewatkan diantaranya:

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

  • Batu Nenek adalah tempat terbaik bagi penikmat sunset. Selain pantai adalah memang tempat paling bagus jika ingin melihat sunset juga air di batu nenek sangat jernih, dengan perpaduan bebatuan yang terhampar dan pohon kelapa yang tumbuh ditengannya menjadikannya seolah-olah seperti sebuah pulau kecil. Hamparan pasir putih nan lembut juga akan menjadi tikar terbaik saat menikmati sunset. Kendati demikian jika Anda tak ingin berdudukan pasir saat melihat sunset dermaga camar bulan bisa menjadi alternatif sempurna selain Batu Nenek. Posisinya yang menghadap langsung ke barat menjadikan dermaga yang satu ini sangat strategis.

  • Pantai Atong Bahari. Sesuai namanya pantai ini digagas oleh Atong dan beliaulah yang mengawali pariwisata di Temajuk ini. Berawal dari beberapa homestay dan penginapan hingga sekarang terhitung sekitar 83 penginapan yang tersedia di Temajuk. Selain panorama yang indah, laut biru dapat Anda nikmati secara langsung menghadap kamar Anda tersedia juga fasilitas snorkelling bagi tamu yang menginap.
  • screenshot-2018-11-10-22-40-42-5be7091412ae944fbb3ca424.png
    screenshot-2018-11-10-22-40-42-5be7091412ae944fbb3ca424.png
    screenshot-2018-11-10-22-40-53-5be709756ddcae7d88656766.png
    screenshot-2018-11-10-22-40-53-5be709756ddcae7d88656766.png
  • Rumah Terbalik. Yang menjadi daya tarik dari Temajuk juga adalah rumah terbalik yang sekarang tengah dilengkapi dengan garasi terbalik di depannya. Jika Anda ingin sensasi foto diluar negri dan instagramable maka inilah tempatnya. Selain itu terdapat juga beberapa spot foto dengan berbagai tulisan dan bentuk yang unik untuk mengabadikan moment.
  • Penyu Bertelur. Perlu diketahui bahwasanya Temajuk juga menjadi lokasi favorite para penyu untuk bertelur. Sepanjang garis pantai sepaanjang +/- 60 km di paloh umumnya dan Temajuk khususnya menjadi salah satu pantai untuk penyu bertelur terpanjang di Indonesia. Biasanya pada Juni hingga September. Dan ada adat atau acara yang menarik berkaitan dengan penyu yang bertelur ini. Pada saat ini acara perayaan ini disebut dengan pesta pantai.
    dokpri
    dokpri
  • Pantai Meluddin Untuk Anda yang ingin liburan dan melepaskan segala beban maka berdiam diri di pantai meluddin akan membuat Anda enggan untuk beranjak. Suguhan pemandangan laut yang sangat indah akan membuat Anda terpikat. Sama seperti yang pernah saya rasakan.
    dokpri
    dokpri
  • Panen Ubur-Ubur sepanjang pantai Temajuk juga banyak terdapat ubur-ubur. Meski tidak setiap saat ada, tapi jika anda beruntung maka anda bisa menyaksikan secara langsung panen ubur-ubur. Selain itu anda juga bisa merasakan kuliner rujak ubur-ubur.
  • Pantai Pelaik banyak bebatuan besar yang terhampar di pantai Pelaik. Untuk menuju ke sana perlu naik perahu. Jika Anda sudah berada dipantai ini maka sensasi di Belitung akan turut anda rasakan. Keindahan yang jarang orang ketahui.
    dokpri
    dokpri

Hal yang paling menarik dari desa temajuk adalah panoramanya yang indah. Sebuah potret yang wajib diketahui oleh setiap orang. Destinasi wisata juga tersuguh berbagai macam. Hanya saja belumlah sepenuhnya tereksplor. Kalau akses jalan sudah tersedia maka temajok akan menjadi destinasi wisata internasional. Pasalnya akan sangat rugi sekali jika Anda tidak berkunjung di sepotong surga ekor borneo ini. Tempat Wisata yang sangat cocok untuk mengisi liburan Akhir Tahun dan Awal Tahun bersama keluarga. Pemandangan pantai yang alami, lautnya yang indah, suasana tenang, udara menyegarkan, dan yang boleh terlewat adalah sunset terbaik.