Mohon tunggu...
Dewi Hidayati
Dewi Hidayati Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 2017 UIN Walisongo Semarang

Sederhana Berprestasi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Edukasi Anak-anak Manfaatkan Limbah Plastik sebagai Media Tanam

18 Oktober 2020   18:00 Diperbarui: 18 Oktober 2020   18:12 18 1 0 Mohon Tunggu...

SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah, UIN Walisongo Semarang melakukan edukasi tentang pemanfaatan limbah plastik kemasan minyak goreng kepada anak-anak Desa Sembungharjo, Genuk Semarang pada Minggu, 18 Oktober 2020.

Mahasiswa mengajak beberapa anak untuk diajarkan cara memanfaatkan limbah plastik menjadi media tanam atau pot untuk tanaman toga dan sayuran. Hal ini dilakukan untuk menanamkan cinta lingkungan kepada anak-anak sejak dini, mengurang limbah plastik serta menjaga ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Dewi Hidayati mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja individu di bidang lingkungan. Menurutnya, kegiatan ini penting dilakukan agar anak-anak sadar akan kelestarian lingkungan serta mengurangi dampak kebutuhan pangan yang sulit di masa pandemi Covid-19 bagi masyarakat Desa Sembugharjo.

Ia juga berharap dengan adanya edukasi tentang pemanfaatan limbah plastik ini membuat masyarakat semakin sadar akan kebersihan lingkungan dan mengembangkan kreativitas untuk mengolah sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Biasanya plastik kemasan minyak goreng yang sudah tidak dipakai hanya dibuang begitu saja oleh masyarakat. Saya mencoba memanfaatkan limbah tersebut untuk dijadikan pot tanaman. Selain bisa mengurangi limbah plastik, masyarakat juga bisa menanam sayur untuk kebutuhan pangan sehari-hari dengan menggunakan media tanam yang sederhana” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Sembungharjo, Rohayati mengatakan bahwa kegiatan pemanfaatan limbah ini membantu menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. “Kegiatan ini bagus sekali, kita tetap bisa produktif di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan limbah palstik, serta pembuatannya begitu mudah dan murah” ujarnya.

Kegiatan KKN Reguler Dari Rumah (RDR) Angkatan 75 UIN Walisongo Semarang berlangsung selama 45 hari sejak tanggal 6 Oktober sampai 19 November 2020.

VIDEO PILIHAN