Mohon tunggu...
Dewi NoerHadiyanti
Dewi NoerHadiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - dewi gojim

manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKNT UPI 2021: Penerapan Program Literasi Numerasi pada Kegiatan Pembelajaran Virtual di SMPN 1 Cimaung

22 Oktober 2021   07:15 Diperbarui: 22 Oktober 2021   07:23 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Definisi numerasi yang dikutip dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud 2020 adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia. Oleh karena itu numerasi dan matematika merupakan dua hal yang tidak terpisahkan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan hidup manusia, misalnya ketika berbelanja, merencanakan pembangunan rumah, semuanya membutuhkan numerasi. Namun pada kenyataannya masih sedikit manusia yang dapat menggunakannya yang dibuktikan dari hasil tes PISA (2015), Indonesia masih berada di posisi bawah bahkan di bawah negara kecil Vietnam.  (a) sebagai macam konteks kehidupan sehari-hari (b) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan sebagainya) (c) menggunakan interpretasi tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan (OECD, 2016. Salah satu literasi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari adalah numerasi. Numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan (a) menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam verb).

Oleh karena itu saya melaksanakan KKN Tematik UPI di SMPN 1 Cimaung dengan tema "Tematik Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka - Pusat Prestasi Nasional". Dan di dalamnya salah satu program kami yaitu pendampingan pembelajaran yang mendukung literasi numerasi di SMPN 1 Cimaung. Proses pembelajaran yang diterapkan melalui media online dengan harapan bisa membuat anak merasa senang dan lebih mudah dalam pembelajaran. Adapun pendukung aplikasi yang saya gunakan melalui google meet dan whatsapp karena dengan kondisi seperti ini di tengah pandemi yang sedang melanda bangsa kita yang mengharuskan untuk belajar melalui daring.

Pada setiap pertemuan dating di kelas 8A saya mendampingi guru yaitu bu Nilah Karnilah dalam pembelajaran literasi salah satunya literasi numerasi dengan mengajarkan melalui video pembelajaran terkait literasi numerasi, misalnya perkalian, pecahan, dll. Setelah anak-anak mengamati, guru akan memberikan tugas terkait video tersebut. Dan saya akan membantu menjelaskan sedikit materinya dan membantu guru memeriksa tugas yang anak-anak kerjakan. Selain itu terkadang guru menggunakan metode tanya jawab. Adapun di bawah ini salah satu dokumentasi ketika melaksanakan pembelajaran daring.

Maka dari itu KKN Tematik yang di selenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia diharapkan akan mampu membantu menyelamatkan pendidikan literasi di Indonesia dan bisa melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang hebat yang mampu menghadapi berbagai perkembangan dan perubahan yang saat ini terjadi begitu cepat.

Penulis : Dewi Noer Hadiyanti

NIM : 1801396

Fakultas : Fakultas Pendidikan Seni dan Desain

Universitas Pendidikan Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan