Mohon tunggu...
Dewiani Gulo
Dewiani Gulo Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi universitas Pamulang

Mahasiswi universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Akuntansi pada Perkembangan Ekonomi Masyarakat Saat Ini

9 Desember 2022   18:53 Diperbarui: 9 Desember 2022   18:56 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akuntansi merupakan kata yang bukan baru kenal pada zaman kini, akuntansi ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari lebih khusus pada dunia pendidikan. 

Didalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan transaksi, hitung-hitungan, secara tidak sadar kita telah melaksanakan sebagian dari bagian akuntansi. Akuntansi secara umum dapat di artikan sebagai proses mengidentifikasi,mencatat dan melaporkan informasi keuangan serta kejadian-kejadian ekonomi yang berkaitan dengan perusahaan untuk dilakukan penilaian dan keputusan yang tepat,jelas dan tegas bagi pemakai informasi tersebut.

Lalu, bagaimana peran akuntansi pada perkembangan ekonomi masyarakat saat ini. Jika kita memahami secara detail ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan menggunakan sumber daya yang tersedia. 

Jadi dari pengertian akuntansi dan ekonomi kita dapat memahami apa yang menjadi peran akuntansi pada perkembangan ekonomi masyarakat saat ini, dimana diantaranya yaitu Akuntansi sangat berperan dalam perencanaan ekonomi negara, melalui data-data atau laporan-laporan yang disediakan, dan dapat dibandingkan pergerakan ekonominya dari periode yang satu ke periode lainnya. Sehingga dapat membantu pemerintah untuk mengambil keputusan dalam rangka pembangunan ekonomi negara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun