Mohon tunggu...
Dewiani Gulo
Dewiani Gulo Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa universitas Pamulang

Mahasiswa universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Penting Akuntansi dalam Dunia Bisnis

6 Agustus 2022   01:39 Diperbarui: 6 Agustus 2022   01:43 150 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara umum, Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. Sedangkan bisnis merupakan usaha komersial dalam dunia perdagangan. Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Mengutip Pengantar Bisnis Modern, bisnis merupakan salah satu kegiatan di bidang ekonomi.

Terdapat empat peran penting akuntansi dalam bisnis yang wajib diketahui yaitu pertama adalah sebagai pengendali keuangan, kedua sebagai penyedia informasi tentang keuangan, ketiga membantu para stakeholders dalam mengambil keputusan, dan keempat sebagai penghubung dengan pihak ketiga.

Lalu, Apa hubungan bisnis dan akuntansi?

Bisnis adalah sebuah usaha untuk memproduksi suatu barang atau jasa dan manajemen berfungsi untuk mengatur dan mengelola agar usaha berjalan lancar. dan akutansi berperan untuk menghitung jumlah laba/ rugi serta membuat laporan keuangan, kertas kerja atas hasil yang dicapai.Akuntansi adalah suatu proses pencatatan transaksi keuangan, yang akan menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh berbagai pihak.Pentingnya Akuntansi dalam Bisnis

Alasan terbesar adalah karena akuntansi mampu memberikan data keuangan yang menjadi patokan utama bagi pemilik perusahaan mengambil keputusan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan