Ambardewi
Ambardewi Pengajar

Menulis adalah selera... Mengembangkan ide yang menjadi sebuah tulisan yang menginspirasi adalah tabungan ilmu yang bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri melainkan untuk orang lain.. Jangan memenjarakan ide.... keluar,,, dan tulislah!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Ini yang Perlu Dilakukan Ketika Pikiran Anda sedang Kosong

29 Juni 2018   01:50 Diperbarui: 29 Juni 2018   08:34 795 4 1
Ini yang Perlu Dilakukan Ketika Pikiran Anda sedang Kosong
Ilustrasi. Writing.com

Penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik. Bagaimana mungkin, tanpa membaca, tanpa peka dengan lingkungan sekitar, kita mempunyai ide untuk membuat sebuah tulisan yang nantinya didedikasikan untuk masyarakat dalam dunia nyata, atau terlebih lagi bagi warganet atau netijen=netizen

Sebenarnya tidak hanya di kalangan penulis saja yang kadang kehabisan ide untuk menulis, tetapi setiap orang di masa hidupnya pasti punya rasa' stuck' atau 'blank' untuk bekerja atau menciptakan sebuah karya seni maupun karya sastra. Bahkan, di level pengajar dan yang diajarpun, kadang malas sekaali untuk membaca dan mejulis serta punya masing-masing tingkat 'ke-blank-an" itu sendiri,, wahh pakai bahasa apa ya saya? Hehehe

Aduh,, blank nih..

Ga mood baca apalagi nulis..

Sambil menghela nafas

Dikala badai topan itu melanda sehingga menggerus ide-ide yang sudah tersusun dengan rapihnya (alay bin lebay), pasti si korban merasa benar-benar tidak tau apa yang harus dilakukan. Alih-alih jngin menciptakan sebuah tulisan atau karya lain, melihat media yang sehari-hari digunakanpun, sudah eneg.. hayooo ngaku...

Bahkan, si korban ini betah lho untuk berlama-menikmati kesendirian eh kondisi blank ini hingga berhari-hari. Tapi ya gitu, sesuai pengalaman pribadi, kalau saya lagi blank atau kehabisan ide, bisa sampai 4 hari lamanya,, dan kepikiran akan tugas yang belum sempat dikerjakan. (Aneh ya,,, lagi males, lagi mager,, tapi masih kepikiran)

Tapi ga usah kawatir,, masih ada 6 cara yang bisa kamu lakukan saat mengalami ide yang tiba-tiba menghilang,, berikut ulasannya :

Ilustrasi. Sleep.org
Ilustrasi. Sleep.org
1.  Tidur

Terdengar mudah, tetapi it's work!!! Ya ,, saat tubuh kita lelah, otak kita merespon kecenderungan untuk meminta kita segera istirahat, meskiphn hanya 3 menit saja, tidur efektif membuat otak kita kembali 'fresh' untuk melakukan kegiatan. Dan sesuai dengan apa yang dilansir dari situs Hello Sehat, otak akan mengisi energi kembali saat tubuh tertidur, sehingga tidak heran jika ide sangat dimungkinkan untuk timbul kembali setelah kita tidur.

Ilustrasi. Brandeis.edu
Ilustrasi. Brandeis.edu
2. Tetap menulis

Jika memang jita tidak sedang menginginkan untuk tidur, cukup kita bergulat dengan pena, yaitu tetap menulis. Terus goreskan pena kita diatas kertas meski terkadang kita terjerumus kedalam black hole kekosongan ide. Ini yang menarik, karena saat kita benar-benar tidak mempunyai ide atau gambaran terkait apa yang akan kita sajikan, merupakan tantangan tersendiri, apakah diri kita mampu untuk mengelola dan memanajemen tubuh untuk tetap fokus dalam proses menulis.

Ilustrasi. Dictio.id
Ilustrasi. Dictio.id
3. Bercanda dengan hewan peliharaan

Banyak situs-situs di internet yang menyajikan beberapa fakta terkait dengan hewan peliharaan. Saat kita ssdang mengalami kekosongan ide, cobalah untuk bercanda atau minimal mengelus hewan peliharaan kita. Saat kita berinteraksi dengannya, hormon stress kita akan turun, dan seakan masalah kita akan hilang. Dan saya pribadipun sudah mencobanya... dan lagi-lagi,, berhasil. Hehe..

Ilustrasi. drzimmerman.com
Ilustrasi. drzimmerman.com
4. Berbincang dengan mantan eh teman

Jika mau membuka luka masa lalu,, bolehlah,,, tapi saya sarankan jangan.,, dalam kasus hilangnya ide untuk menulis hanyalah membutuhkan lawan bicara dengan komunikasi yang sehat. Maksudnya, berkomunikasilah dengan seseorang yang bisa memberikan feedback terhadap permasalahan yang sedang kita hadapi. Dan bisa saja, dalam proses berkomunikasi itulah, kita mempunyai ide yang didapat dari komunikasi tersebut.

Ilustrasi.bonappeteour.com
Ilustrasi.bonappeteour.com
5. Membuat kudapan, juice, kopi atau teh

Mengapa kudapan, juice, kopi atau teh? 'Mengemil' bahasa kerennya, terbukti meningkatkan rasa nyaman bagi tubuh loh. Kudapan yang disarankan memang harusnya tidak terlalu 'berat', misal nasi tumpeng, nasi campur dan lain sebagainya. Cukup cookies atau keripik saja, sedangkan juice sudah pasti menyehatkan serta kopi atau teh yang bisa anda pilih untuk merelaksasi dengan sendirinya tubuh anda masing-masing.

Ilustrasi. Phintracho.com
Ilustrasi. Phintracho.com
6. Berselancar di dunia maya

Entah itu media sosial, situs-situs informasi, semua itu baik dalam proses penemuan ide kembali. Tergantung dan kembali lagi pada niat saat menjelajahi internet dan tidak sedikit orang yang kehilangan ide, akan kembali bersemangat dan menemuka  ide-ide yang fantastis tetapi murni hasil pemikirannya sendiri. Jangan plagiat yaaa....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2