Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Eternals", Panggung Mitologi ala Marvel

10 November 2021   23:51 Diperbarui: 12 November 2021   02:50 1315 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Eternals" ramai diburu penonton (gambar dari deadline.com)

Film "Eternals" banyak ditunggu fans Marvel. Meski mendapat kritikan tajam juga mendapat review kurang baik dan skor rendah di berbagai situs rating film, film ini tetap dinanti. Buktinya bioskop hari ini ramai dipenuhi para pecinta superhero Marvel. Namun rupanya eksekusi "Eternals" ini berbeda dengan film superhero Marvel pada umumnya. Ia lebih seperti panggung mitologi.

Melihat nama-nama Eternal membuat saya teringat dengan kisah-kisah mitologi dari Yunani dan negara lainnya. Ada Gilgamesh, Thena, Akaris, Sprite, Sersi, Kingo, Druig, Makkari, Ajak, dan Phastos. Rupanya kemampuan dan karakter mereka juga mirip-mirip dengan yang ada dalam mitologi.

Gilgamesh, misalnya. Dalam mitologi Sumeria ia dikenal sebagai raja dan juga kesatria yang pemberani dan sangat kuat. Epos Gilgamesh sangat terkenal dengan kisah petualangannya yang menarik. Sosok Gilgamesh dalam "Eternals" ini juga sosok yang kuat dengan kepribadian yang polos. Ia diperankan Don Lee.

Lalu ada Athena, dewi perang dan kebijaksanaan dalam mitologi Yunani. Ia adalah sosok dewi yang populer. Di dalam film ia bernama Thena dan diperankan oleh Angelina Jolie. Thena juga memiliki kemampuan bertarung yang mematikan dengan menguasai sihir untuk memunculkan berbagai jenis senjata.

Nama Icarus juga pastinya dikenal oleh pecinta dongeng mitologi Yunani. Dalam dongeng ia dikenal sebagai sosok yang memiliki sayap. Ia dikenal dengan kisahnya yang keasyikan terbang hingga begitu dekat dengan matahari. Dalam "Eternals" juga ada sosok bernama Ikaris dengan kemampuan bisa terbang dan kepercayan diri yang tinggi seperti Icarus. Ikaris diperankan oleh Richard Madden.

Mendengar nama Sprite, sosok Eternals yang seperti anak-anak dengan kemampuan ilusi langsung mengingatkan pada dongeng-dongeng Eropa tentang Esprit atau Sprite untuk menyebut entitas seperti peri yang memiliki kemampuan sihir. Tepatnya dalam kisah Shakespeare, "A Midsummer Night's Dream", tentang peri nakal bernama Puck yang membuat kekacauan. Sprite diperankan oleh Lia McHugh.

Sersi yang diperankan oleh Gemma Chan memiliki kemampuan mengubah bentuk materi, misalnya batu menjadi air, batu menjadi logam, dan sebagainya. Ada sosok penyihir dan juga seorang dewi Yunani bernama Circe yang memiliki kemampuan mirip-mirip, yaitu kemampuan transmutasi. Bahkan dalam mitologi ia mampu mengubah manusia menjadi satwa.

Lima karakter Eternal lainnya yakni Makkari, Kingo, Druig, Phastos, dan Ajak juga terkait dengan kisah mitologi.

Makkari melihat kemampuannya yang bisa berlari begitu cepat dan membawa pesan maka ia mirip dengan kemampuan Mercury atau Hermes. Hermes dikenal memiliki banyak kemampuan. Ia cerdas, sering bertugas sebagai pembawa pesan dan penerjemah, juga pembawa keberuntungan dan memiliki kemampuan pencuri. Ia diperankan Lauren Ridloff. Di sini ia digambarkan tunawicara.

Phastos oleh Bryan Tyree Henry di film memiliki kemampuan telekinetik dan kemampuan menguasai teknologi. Jarang-jarang ada dewa dalam mitologi tentang kemampuan tersebut, tapi rupanya ada. Ia adalah Vulcan atau
Hephaestus, yang berbakat dalam seni logam, seni pahat, dan juga teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan