Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Industri Animasi Indonesia Makin Cerah, Studio dan Sekolah Animasi Tersebar di Berbagai Kota

1 November 2021   22:09 Diperbarui: 1 November 2021   22:13 432 6 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Animasi "Culo Boyo" khas Suroboyoan ini lucu banget (sumber gambar: dailymotion.com)

Perkembangan industri animasi di Indonesia sebenarnya sangat pesat satu dekade terakhir. Sudah lebih dari 50 karya animasi yang telah dihasilkan. Belum lagi jumlah studio animasi yang terus tumbuh di berbagai kota. Jumlah sekolah, kursus, dan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan animasi juga mulai banyak. Saya begitu senang ketika mengetahui beragam informasi perkembangan animasi Indonesia ini lewat buku yang berjudul "Nganimasi Indonesia" karya Bambi Bambang Gunawan.

Industri animasi di Indonesia berkembang pesat. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan konten animasi makin tinggi. Peminatnya juga sangat banyak. Animasi bukan hanya sebagai film yang menghibur, namun juga bisa disisipkan ke film dokumenter/live action, juga bisa dimasukkan dalam video promosi dan video presentasi.

Dari buku setebal 321 halaman yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo ini disebutkan sudah ada 50 karya animasi. Namun data ini masih belum mencakup film-film dan serial animasi yang dirilis sebelum tahun 2010 dan setelah tahun 2018  mengingat buku ini dirilis tahun 2018.

Buku
Buku "Nganimasi Indonesia" ini penting dan bermanfaat bagi mereka yang tertarik terjun di bidang animasi (sumber gambar: dokpri)
Jadi jumlahnya secara riil untuk karya animasi anak bangsa itu lebih dari 50 buah. Tak hanya film panjang dan serial, ada pula yang bentuknya animasi berdurasi pendek. Menarik bukan?!

Berapa banyak animasi Indonesia yang telah kalian simak dari angka puluhan tersebut? Selain tentunya serial "Adit Sopo Jarwo", "Nussa", "Battle of Surabaya", " Si Juki", dan serial "Keluarga Somad"?

Saya sendiri ketika membaca judul dan deskripsi karya animasi, banyak yang belum nonton dan bahkan belum pernah dengar judulnya. Padahal jika melihat coretan gambar dan teknik animasinya itu sudah apik dan halus. Ceritanya juga bikin penasaran.

Ada beberapa judul animasi dalam buku ini yang saya tandai. Siapa tahu bisa menemukan animasi tersebut di YouTube atau platform OTT.

Harta Karun yang Jarang Terungkap
Ya ada beberapa judul animasi yang ingij saya tonton dan cari. Yang pertama adalah "Belantara", "Culo Boyo", "Goyi Pipi", "Grey dan Jingga", "Kamtis Babies The Series", dan "The Soul Pandeka".

Saya menemukan beberapa di antaranya.

Animasi "Culo Boyo" dan "Goyi Pipi" sama-sama berasal dari Surabaya. Keduanya memiliki tampilan karakter yang menggemaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan