Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Anime Mecha tentang Robot sebagai Pertahanan

30 Oktober 2021   16:13 Diperbarui: 1 November 2021   16:39 808 12 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poster serial anime Pacific Rim: The Black.| Sumber: Netflix via Kompas.com

Wah kenapa lagi rajin nulis anime? Sengaja sih. Sebenarnya komunitas KOMiK hendak mencoba menyusun buku dari event Pekan Animasi bulan Juli lalu. Kemudian setelah dicek masih banyak beberapa negara yang belum terwakili. 

Anime Jepang juga malah belum dibahas sama sekali, tentang sejarah, genre, dan anime terkait beragam genre tersebut

Nah oleh karena itu, untuk mengisi konten tentang animasi Jepang, maka ke depan, saya masih akan membahas seputar anime dan animasi secara umum. Setelah kemarin membahas anime genre slice of life dan shoujo, kini akan dibahas salah satu genre anime yang Jepang banget. Ya, ia adalah anime mecha.

Anime mecha mulai marak akhir tahun 70-an dan masih eksis hingga saat ini | sumber gambar: otakuquest.com
Anime mecha mulai marak akhir tahun 70-an dan masih eksis hingga saat ini | sumber gambar: otakuquest.com

Apa sih anime mecha itu. Anime mecha merujuk kepada robot atau mesin. Ia bisa berupa robot raksasa yang diproduksi masal untuk senjata, juga bisa berupa robot atau mesin raksasa yang digerakkan oleh manusia. Ada yang humanoid, juga ada yang ibarat senjata biasa.

Dalam kendali manusia juga bisa dibedakan, apakah kendalinya dengan menggunakan kendali seperti pesawat atau dengan melibatkan pikiran dan sesuatu yang imajinatif. Ada yang dikendalikan remaja atau pilot dengan kemampuan tertentu. Ada juga yang bisa dengan sembarang pilot, asal punya pengetahuan.

Manusia membuat robot raksasa ini untuk beberapa tujuan. Yang pertama mempertahankan diri dari serangan robot musuh. Dan yang kedua juga menjaga diri dari serangan kaiju alias monster raksasa. Ada juga robot-robot yang memang dibuat ilmuwan gila untuk sebuah eksperimen tertentu.

Anime
Anime "GoShogun" juga salah satu yang digemari | sumber gambar: myanimelist.net


Hingga saat ini ada begitu banyak anime mecha, oleh karena tema ini digemari. Genre ini bisa memiliki unsur komedi, petualangan, perang, dan fantasi.

Contoh anime mecha adalah "Mobile Suit Gundam", "Full Metal Panic!", "Evangelion", "Euroka Seven", Code Geass", "Guilty Crown", "Macross", "GoShogun", "RaXephon", "God Mazinger", "Magic Knight Rayearth", dan animasi Hollywood bekerja sama dengan studio Jepang adalah "Pasific Rim:The Black".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan