Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Tak Ada Nominasi Film Terpuji di FFB 2021

8 September 2021   23:56 Diperbarui: 9 September 2021   00:02 399 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tak Ada Nominasi Film Terpuji di FFB 2021
"Mudik" menjadi salah satu film yang banyak raih nominasi di FFB 2021 | sumber gambar: CNN Indonesia


Kabar mengejutkan datang dari Festival Film Bandung (FFB) 2021. Dalam pengumuman nominasi siang tadi disampaikan bahwa tahun ini tak ada nominasi untuk kategori film terpuji.

Dari 90 film yang dinilai oleh tim juri FFB, 65 film di antaranya adalah yang tayang di platform OTT (streaming). Dari 90 film tersebut hanya ada tiga film yang dianggap memenuhi kriteria utama buku panduan FFB. Kriteria utama tersebut adalah unsur muatan kearifan lokal, keberagaman tema sesuai kehidupan masyarakat di Indonesia, dan unsur sinematik yang apik.

Ini bukan kali pertama Festival Film Bandung meniadakan nominasi kategori film terpuji. Hal yang sama juga terjadi pada tahun 1995-2000. Alasannya juga mirip-mirip, karena tak ada film yang dirasa memenuhi kriteria penilaian tersebut.

FFB memang berbeda dengan ajang penghargaan film lainnya. Mereka memberikan kata 'terpuji' bukan 'terbaik' untuk peraih penghargaan. Oleh karenanya pemenang tiap kategori tak dibatasi harus satu pemenang, bisa lebih dari satu yang mendapatkan predikat terpuji.

FFB juga setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada serial televisi dan film impor. Tahun ini juga sama. Ada 20 film impor yang mendapatkan nominasi pada ajang ke-34 FFB ini. 

Film-film tersebut di antaranya "A Quiet Place 2", "Cruella", "The Unholy", "Raya and The Last Dragon", "Minari", "Tenet", "Demon Slayer", dan "Stand By Me Doraemon 2".

Tahun ini ada kategori serial web | sumber gambar: festivalfilmbandung.com
Tahun ini ada kategori serial web | sumber gambar: festivalfilmbandung.com


Sedangkan untuk film serial televisi yang meraih banyak nominasi adalah "Ikatan Cinta" dengan lima nominasi (serial televisi terpuji, dua pemeran pria terpuji untuk Arya Saloka dan Evan Sanders, juga pemeran wanita terpuji untuk Amanda Manopo dan sutradara Doddy Djanas), disusul oleh "Amanah Wali 5" dan  "Magic Tasbih" yang masing-masing meraih tiga dan dua nominasi.

Nah tahun ini ada tambahan kategori penghargaan. Rupanya FFB jeli dengan adanya serial web alias webseries yang makin banyak diminati. Ada tiga kategori untuk serial web, film serial terpuji, pemeran pria dan pemeran wanita terpuji. Yang masuk nominasi serial web terpuji adalah "Saiyo Sakato", "Serigala Terakhir", "Imperfect The Series",  "Angkringan The Series", dan  "7 Hari Sebelum 17 Tahun".

Lantas film mana yang banyak raih nominasi? Ada beberapa film yang mendapat banyak nominasi, di antaranya "Tarung Sarung" (6), "Mudik" (5), "The Science of Fiction" (5), dan "Layla Majnun" (5).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan