Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Sutradara Misterius Indonesia dan Alasan Sutradara Menggunakan Nama Samaran

12 Juni 2021   22:21 Diperbarui: 12 Juni 2021   22:41 135 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sutradara Misterius Indonesia dan Alasan Sutradara Menggunakan Nama Samaran
Film "Ekskul" akhirnya batal jadi film terbaik FFI 2006. Sutradaranya sendiri adalah sosok misterius (sumber gambar: IndonesianFilmCenter.com)


Di kancah perfilman nasional, sebenarnya ada banyak hal menarik dicemati. Salah satunya keberadaan sutradara misterius yang menghasilkan puluhan film. Ada yang bisa menebak? Ya, ia adalah Nayato Fio Nuala.

Nama Nayato Fio Nuala mencuat sejak film yang dibesutnya meraih Piala Citra pada Festival Film Indonesia 2006. Film tersebut adalah "Eskul" yang dibintangi Ramon Y. Tungka dan Sheila Marcia. Alhasil FFI 2006 mengundang kontroversi. Beberapa pemenang lainnya mengembalikan pialanya dengan alasan "Eskul" banyak mencomot lagu-lagu manca tanpa izin dan kemiripan film ini dengan film luar berjudul "Bang Bang You're Dead" (2002).

Akhirnya gelar film dan sutradara terbaik dari FFI untuk "Eskul" dan Nayato dicabut. Namun putusan pemilihan itu membuat kepercayaan sineas film terhadap integrasi juri FFI menurun.

Di luar kontroversi piala Citra 2006, sosok Nayato jauh lebih menarik. Ia adalah sutradara misterius yang mewarnai kancah perfilman nasional.

Nayato Fio Nuala dikenal sebagai sutradara film yang sangat produktif. Ia banyak menghasilkan film drama romantis dan horor pada rentang tahun 2002-2018. Namun, selain sebagai Nayato ia juga kerap menggunakan nama samaran lainnya seperti Pingkan Utari, Koya Pagayo, dan Ian Jacobs. Nama aslinya sendiri diakuinya sebagai  Yato Fio Nuala, seorang pria asal Aceh yang menimba ilmu perfilman di Taiwan selama 18 tahun.

Tunggu benarkah Nayato Fio Nuala dan nama-nama alias lainnya itu adalah Yato Fio Nuala?

Benarkah sosok Nayato itu adalah sosok pria bernama Yato atau nama yang dipilih oleh beberapa orang sutradara? (Sumber gambar: Kapanlagi.com)
Benarkah sosok Nayato itu adalah sosok pria bernama Yato atau nama yang dipilih oleh beberapa orang sutradara? (Sumber gambar: Kapanlagi.com)

Dulu aku suka memerhatikan nama-nama sutradara film horor dana nama Nayato itu kerap digunjingkan karena film horor yang dihasilkannya memiliki kualitas cerita yang buruk dan mirip-mirip. Meski ada juga film drama remaja besutannya yang kualitasnya masih lumayan untuk ditonton.

Judul dan film horor besutannya mungkin bisa bikin makhluk gaib nangis dan julid. Film-film horor besutannya sebagai Nayato di antaranya "Pocong Jumat Kliwon", "Pocong Ngesot", "Kuntilanak Kesurupan", dan "3 Pocong Idiot". Meski kualitas film horornya bisa ditebak, tapi tetap saja film semacam ini ada penontonnya dan bisa balik modal. Untung malahan. Sehingga bisa bikin film lagi dan lagi.

Lalu beberapa kali kutanyakan ke beberapa komunitas film siapa sih sebenarnya Nayato Fio Nuala tersebut? Banyak yang menyebutnya sutradara dengan nama samaran. Ia benar-benar sosok yang misterius.

Sudah lama sih rasa penasaranku akan Nayato kusimpan. Pertanyaan-pertanyaan tentang sosoknya juga sudah sekian lalu kulakukan.

Lalu aku mendapatkan petunjuk ketika membaca wawancara Tempo tahun 2006 dengan seorang sutradara yang mengaku ia adalah sosok di balik nama Pingkan Utari. Ia bukanlah Nayato atau Yato, tapi sutradara perempuan bernama Chiska Doppert.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x