Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Matematika Itu Menyenangkan, Berikut Cara Belajar Matematika Versiku

5 Juni 2021   20:21 Diperbarui: 6 Juni 2021   08:30 429 17 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Matematika Itu Menyenangkan, Berikut Cara Belajar Matematika Versiku
Belajar matematika itu menyenangkan (sumber: pixabay)

Wah tulisan kali ini rasanya berbeda dengan biasanya. Kali ini aku ingin berbagi cara belajar matematika yang menurutku menyenangkan.

Tumben menulis tentang matematika? Iyaya aku juga heran pada diriku sendiri. Tapi percayalah aku yakin matematika itu berkaitan dengan musik dan imajinasi. Karena aku suka mendengarkan musik, maka nilai matematikaku juga rata-rata baik. Karena nilai matematikaku baik, maka imajinasiku juga lumayan. Kok bisa? Nanti kujelaskan relevansinya.

Ada banyak yang menganggap matematika itu pelajaran sulit dan menakutkan. Aku sendiri menganggapnya sebaliknya. Kecuali materi kelas tiga SMA jurusan IPA, semua materi matematika di kelas itu menyenangkan.

Pelajaran matematika sendiri bakal masih dipelajari di bangku kuliah apabila kalian berkuliah di jurusan teknik dan MIPA. Hitung-hitungan juga ada di program akuntasi, manajemen, dan jurusan ekonomi lainnya. Jadinya momok menakutkan bakal masih menghantui hingga di perkuliahan selama kalian menganggap matematika itu menakutkan.

Oh iya banyak soal matematika di tes penerimaan S2 dan S3. Soal matematika juga biasanya muncul di tes tulis ujian penerimaan pegawai. 

Di dunia kerja juga setiap karyawan sebaiknya juga bisa membaca hasil statistik. Hehehe jadinya rasanya sulit menghindar dari matematika. Seumur hidup rasanya bersinggungan dengan matematika.

Nah bagaimana caranya agar belajar matematika jadi lebih menyenangkan?

Belajar matematika itu menyenangkan dan banyak manfaatnya (sumber: pixabay)
Belajar matematika itu menyenangkan dan banyak manfaatnya (sumber: pixabay)

1. Langkah pertama, masukkan dalam bawah sadarmu bahwa belajar matematika itu menyenangkan
Setiap pagi ulang kalimat afirmatif seperti ini:

"Matematika itu mudah"
"Matematika itu menyenangkan"
"Belajar matematika itu memberikan banyak manfaat"
"Aku bisa menyelesaikan soal-soal matematika dengan mudah"

Agar efektif maka masukkan kalimat afirmatif tersebut setiap pagi atau menjelang tidur setiap harinya. Kalian juga bisa membuat rangkaian kalimatnya sendiri.

2. Langkah kedua pahami manfaat menguasai matematika
Tak sedikit yang membenci matematika karena tak paham manfaat belajar matematika, padahal manfaat menguasai matematika itu banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN