Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Lagu-lagu Ancient Metal dari Heilung yang Bernuansa Mistis, Magis, dan Meditatif

26 Mei 2021   11:24 Diperbarui: 26 Mei 2021   11:43 213 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu-lagu Ancient Metal dari Heilung yang Bernuansa Mistis, Magis, dan Meditatif
Band bernuansa mistis ala Heilung (sumber gambar: musicexistence.com)

Di panggung nampak sekelompok orang mengenakan kostum seperti shaman atau dukun Eropa pada masa lampau. Mata penyanyi perempuan, satu-satunya di kelompok tersebut, tertutup rambutnya. Sementara kepalanya mengenakan tanduk rusa. Lalu musik tiup menyeruak, disusul tabuhan perkusi dari kulit binatang dan musik tulang, juga musik dari kapak dan busur. Suasana panggung berubah menjadi terasa mistis dan magis. Suara tinggi nan merdu membawa imajinasi pendengar ke masa lampau.

Aku seperti terhipnotis. Musik mereka di awal nampak aneh, termasuk dandanan mereka. Nuansanya seperti jaman prasejarah, era pagan, ketika manusia hidup menyatu dan seimbang dengan alam, dengan dukun dan mantra-mantra.

Musik yang aneh. Namun aku terhanyut. Benakku melalang buana. Aku seperti terbawa adegan dalam film Viking dan dongeng-dongeng Eropa kuno, terutama dongeng Nordik. Kisah-kisah dewa dan monster berkelebat. Ada Odin, Thor, Freyja, Heimdall, Troll, Jotunn, Dwarf, Draugr, Kraken, dan Valkyries, serta kisah-kisah para Viking.

Itulah penampilan Heilung, band yang mengangkat tembang berjudul "Krigsgaldr" atau "War Chant". Liriknya menggunakan bahasa campuran seperti Proto-Norse dan Proto-Jerman.

Min warb naseu
Wilr made thaim
I bormotha hauni

Hu war (hu war)
Hu war opkam har a hit lot


Jika kubaca terjemahannya dalam bahasa Inggris, ini merupakan lagu penyambutan musuh yang menginginkan peperangan. Mereka mengharapkan perdamaian, namun sayangnya musuh hanya dapat berdiplomasi dengan pedang dan darah.

Lagu ini semakin unik dengan perpaduan vokal Maria Franz yang merdu dan vokal berat Kai Uwe Faust yang sering bernyanyi dengan teknik eksplorasi tenggorokan ala bangsa Mongolia. Tambahan chant makin memberikan nuansa yang mistis, magis, dan juga meditatif.

Siapakah Heilung?
Band bernama Heilung ini didirikan oleh Kai Uwe Faust, seniman berdarah Jerman tahun 2014. Ia lalu mengajak produser berdarah Denmark, Christopher Juul, dan penyanyi dari Norwegia, Maria Franz. Heilung sendiri bermakna healing atau penyembuhan.

Musik mereka aneh tapi unik (sumber: open.spotify.com)
Musik mereka aneh tapi unik (sumber: open.spotify.com)

Album debut mereka, "Ofnir" dirilis tahun 2015. Hingga saat ini mereka telah merilis tiga album, "Ofnir", "Lifa", dan "Futha" di bawah label Season of Mist. Heilung juga mengisi soundtrack gim "Senua's Saga: Hellblade II" dengan judul lagu "Maidjan Song". Tiga lagu mereka, "Fylgija Easwr", "Hamrer Hippyer" and "Alfadhirhaiti", terpilih untuk mengisi soundtrack film serial "Viking" pada musim keenam.

Apa Itu Ancient Metal?
Musik Heilung itu unik. Mereka memadukan musik perkusi dari kulit binatang dengan beragam instrumen musik kuno seperti tulang, kapak, tanduk kerbau, dan busur. Juga ada alat musik tradisional dan sakral seperti ravanahatha dari Indian, bel ritual Hindu, replika piala perak Viking, dan tamburin dari tanah liat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x