Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Josee, The Tiger, and The Fish", Anime Romantis Bikin Senyum dan Haru

19 Mei 2021   15:20 Diperbarui: 22 Mei 2021   01:05 2108 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Josee, The Tiger, and The Fish", Anime Romantis Bikin Senyum dan Haru
Kisah mahasiswa dan gadis berdisabilitas dalam "Josee, The Tiger, and The Fish" | Sumber: Seiko Tanabe / KADOKAWA / Josee Project

Tsuneo Suzukawa seorang mahasiswa tingkat akhir yang gemar menyelam. Ketika sedang berjalan menuju apartemennya, tiba-tiba ada seorang gadis melompat ke arahnya. 

Rupanya kursi roda gadis tersebut meluncur kencang di jalanan yang menurun, karena didorong seseorang yang iseng. Bukannya berterima kasih, gadis itu malah marah kepadanya. Gadis itu menyebut dirinya Josee. Itulah pertemuan pertama Josee dan Tsuneo dalam film anime "Josee, The Tiger, and The Fish" yang tayang mulai hari ini di bioskop (19/5).

Josee hanya tinggal bersama neneknya yang sudah tua. Kedua orang tuanya telah meninggal. Nama aslinya adalah Kumiko Yamamura. Ia memilih menggunakan nama Josee karena terinspirasi karakter Josee dalam buku Francoise Sagan, pengarang asal Prancis favoritnya.

Sehari-hari ia menghabiskan waktu di rumah, membaca dan menggambar. Ia sebenaenua sangat bosan di rumah namun neneknya was-was mengajaknya jalan-jalan karena beberapa kali orang-orang menjahili Josee.

Si nenek menawari Tsuneo bekerja di rumahnya, merawat Josee dengan upah yang tinggi. Tsuneo yang perlu uang banyak agar dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri pun menerimanya. Akan tetapi Josee gadis yang sangat sulit. Ia meminta Tsuneo menuruti permintaannya yang aneh-aneh. Hingga suatu ketika ia meminta Tsuneo mengantarnya ke laut.

Josee gadis yang sulit (sumber gambar:manga.tokyo)
Josee gadis yang sulit (sumber gambar:manga.tokyo)
Di bawah ini ada spoiler, tapi tidak banyak dan berkaitan dengan ulasan. 

Analogi Puteri Duyung dan Cerita yang Dinamis
Anime bergenre komedi romantis ini manis dan hangat. Hubungan Josee dan Tsuneo di awal-awal seperti kucing dan tikus, di mana Tsuneo terus mengalah dan mau menuruti permintaan Josee apapun karena perlu uang. Ia mahasiswa yang rajin dan giat bekerja. Selain bekerja di tempat Josee, ia juga bekerja sambilan di tempat yang berhubungan dengan penyelaman.

Josee memerlakukan Tsuneo dengan seenaknya. Ia menyebutnya pelayan. Namun lambat laun hubungan keduanya mulai berubah. Josee mulai membuka diri.

Ceritanya dinamis. Karakter-karakternya juga berkembang secara alami. Ada beberapa konflik menerpa hubungan keduanya, memberikan ujian kepada keduanya. Karakter-karakter lainnya seperti kawan-kawan Tsuneo, Mai Ninomiya dan Hayato Matsura, serta pegawai perpustakaan, Kana Kishimoto, menyemarakkan cerita.

Dalam anime ini Josee menganalogikan hidupnya seperti seorang puteri duyung. Ia tak bisa berjalan sejak lahir, seperti puteri duyung dengan siripnya. Lalu suatu ketika bertemu dengan pria seperti pangeran. Tapi ia was-was apakah ceritanya akan berakhir sedih, ia bakal menjadi gelembung dan menghilang seperti dalam kisah H.C. Andersen tersebut? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x