Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Warna-warni India dalam Animasi Masterpiece "Bombay Rose"

7 April 2021   16:46 Diperbarui: 8 April 2021   19:11 132 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Warna-warni India dalam Animasi Masterpiece "Bombay Rose"
Kamala gadis yang tabah dan tekun dalam

Sebuah pagi di Bombay. Perempuan cantik bernama Kamala membeli sekeranjang bunga melati. 

Sekembalinya di tempat tinggalnya yang sempit, Kamala sibuk menguntai melati tersebut di depan rumahnya yang merupakan jalanan yang ramai. Beberapa pejalan kaki berhenti dan membeli dagangannya.

Kakeknya, memiliki toko reparasi jam. Tapi nampaknya tak ada yang menggunakan jasanya. Sedangkan adiknya, Tara, masih kecil. Ia suka singgah ke rumah mantan artis yang telah menjanda, Shirley D'Souza. Biasanya sepulang sekolah, Tara menemani Shirley berkunjung ke makam mendiang suaminya.

Di seberang jalan tempat Kamala berjualan, juga ada penjual bunga. Ia seorang pria. Ia pemuda miskin yang hidup sebatang kara. Kampung halamannya di Kashmir masuk daerah konflik, kedua orangtuanya tewas terbunuh. Salim, namanya.

Pria itu seorang muslim. Ia jatuh hati pada Kamala yang seorang penganut Hindu. Gadis itu juga nampaknya tertarik padanya.

Tapi gadis itu punya rahasia. Selain pernah memiliki riwayat kabur karena hendak dinikahkan paksa saat masih kanak-kanak, ia juga punya pekerjaan sampingan yang dirahasiakannya dari kakek dan adiknya. 

Warna-warni India ditampilkan dalam gambar yang indah dan warna yang semarak (sumber gambar: Firstshowing.net)
Warna-warni India ditampilkan dalam gambar yang indah dan warna yang semarak (sumber gambar: Firstshowing.net)
Cerita terus bergulir dengan kehadiran anak laki-laki tunarungu yang yatim piatu. Tipu, anak laki-laki itu tak punya tempat tinggal setelah restoran tempatnya bekerja dan tinggal, diobrak-abrik polisi karena banyak memperkerjakan anak kecil. Kamala juga mendapat tekanan dari pria yang tahu rahasianya.

Berbagai Masalah Sosial dengan Warna-Warni yang Semarak

Animasi dari negeri India ini memiliki visual yang indah. Gambarnya bak lukisan cat minyak, rupanya frame-nya dibuat satu-persatu dengan tangan. Untuk membuat animasi sepanjang 97 menit ini diperlukan waktu 18 bulan dan melibatkan 60 animator.

Gitanjali Rao sebagai penulis dan sutradara film animasi ini rupanya punya riwayat sebagai animator yang kerap menggali kondisi-kondisi sosial dan tradisi negerinya. 

Film-film animasi pendeknya seperti Printed Rainbow" (2006), "Kanika Sinha" (2013), "True Love Story" (2014), seperti bahan dan peramu ide dari film animasi panjang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x