Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Bulannya Festival Film, Simak Festival Apa Saja yang Akan Menemani

24 November 2020   19:48 Diperbarui: 25 November 2020   21:29 167 20 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bulannya Festival Film, Simak Festival Apa Saja yang Akan Menemani
Lebih dari 25 film dengan berbagai genre hadir di Japanese Film Festival Plus 2020 (sumber gambar: japanesefilmfest.org)

Tahun ini mungkin buruk bagi banyak kalangan, tapi minggu-minggu jelang akhir tahun ini bakal tak begitu buruk bagi pecinta sinema. Pasalnya sejak minggu lalu, pecinta film sudah dimanjakan dengan banyak tontonan film gratis yang tergolong langka.

Nah, minggu ini dan awal Desember, pecinta film akan makin hepi karena semakin banyak festival film yang bisa dinikmati secara daring.

Yuk simak apa saja festival film yang hadir dan bocoran filmnya.

Langsung saja deh. Ada empat festival film yang sedang dan akan berlangsung minggu ini dan minggu berikutnya. Semuanya bergengsi. Sebagian di antaranya gratis... tis... tis...

1. Europe on Screen (16-29 November 2020)

Oke yang pertama adalah Europe on Screen. Festival ini sudah dimulai sejak 16 November lalu dan masih berlangsung hingga 29 November mendatang. Ada 41 film dari negara-negara Eropa yang ditayangkan, dari jenis dokumenter, animasi, hingga drama romantis.

Saya sendiri sudah menonton beberapa filmnya seperti "Dead Queen", "Swoon", "Josep", "Little Joe", dan "Gods of Molenbeek". Masih banyak utang tontonan. Biasanya sehari ada tiga film baru yang bisa ditonton hingga lima hari ke depan. Juga ada diskusi daring bersama sutradara film dan kuis berhadiah menarik.

Seorang perempuan dan keledai kesayangannya (sumber: festivalscope.com)
Seorang perempuan dan keledai kesayangannya (sumber: festivalscope.com)
Film yang kutandai untuk kutonton berikutnya adalah "Corpus Christi", "My Grand Pan is Alien", "My Donkey, My Lover & I", dan "Flesh Out". Oh iya film-film ini bisa ditonton gratis via Festival Scope.

2. Madani Film Festival (20 November-4 Desember 2020)

Festival film kedua yang juga mewarnai minggu ini dan minggu depan adalah Festival Film Madani (Madani Film Festival). Festival yang diselenggarakan oleh Penerbit Mizan ini menawarkan film-film bertema Islami atau dari komunitas Islam. Tujuannya untuk menjembatani antara komunitas Islam dan dunia.

Ada 40-an film pendek maupun film panjang dari negara-negara dengan komunitas Islam besar seperti Iran. Juga ada film-film Indonesia seperti "Wiwitan" dan "Jakarta Subuh". Oh iya film spesialnya adalah film-filmnya bang Haji Rhoma Irama.

Film ini menggoda untuk ditonton (sumber: IMDb)
Film ini menggoda untuk ditonton (sumber: IMDb)
Ada banyak film yang dibintangi penyanyi yang kondang dengan Soneta Grupnya ini yang diputar dalam Festival Madani 2020. Ada "Berkelana 1 dan 2", "Satria Bergitar", "Perjuangan dan Doa", "Gitar Tua Oma Irama", dan "Darah Muda".

Kalau aku sendiri ingin menonton "Wiwitan", "Elephantbird", dan "The Lady with Purple Shoes".

"Wiwitan" berkisah tentang budaya wiwitan di kalangan petani. Sedangkan "Elephantbird" bercerita tentang seorang kakek yang ingin memberikan kalkunnya ke cucunya. Sementara "The Lady with Purple Shoes" merupakan film Afghanistan tentang perempuan yang ingin mengejar hasratnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x