Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Menulis Rekap Film Ternyata Lumayan Banyak Peminatnya

18 Oktober 2020   23:31 Diperbarui: 18 Oktober 2020   23:54 674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dulu aku suka membaca rekap GoT tapi tetap menontonnya (sumber: IMDb/HBO)

Menulis dengan topik film itu kaya ragamnya, ada yang lebih mengarah ke ulasan sebuah film, ada yang lebih menjurus ke kritik film (kadang-kadang disamakan dengan ulasan film), dan ada pula yang lebih mengarah ke rekap film. Mau nulis yang mana, tinggal pilih. Sebenarnya semua bisa dilakukan hanya dengan menyaksikan satu mana.

Kali ini aku aku akan membahas tentang rekap film. Apa yang dimaksud rekap film dan apakah ada bedanya dengan sinopsis? Memang keduanya agak mirip-mirip, tapi sebenarnya keduanya sedikit berbeda.

Keduanya sama-sama membahas tentang isi cerita dalam film tersebut. Namun sinopsis biasanya hanya singkat, hanya menyertakan info-info yang penting saja.

Sinopsis bisa terdiri dari dua kalimat, seperti Film "Candy-Candy" menceritakan seorang anak perempuan yatim piatu yang mengalami lika-liku kehidupan sebelum kemudian menjadi seorang perawat. Ia juga bisa terdiri dari 1-2 paragraf. Rata-rata singkat dan tidak detail.

Sementara rekap film atau ada yang menyebutnya plot summary itu penjelasannya lebih panjang dan lumayan detail. Ia bisa menceritakan awal cerita hingga akhir cerita, tokoh-tokohnya siapa saja dalam film tersebut, apa yang dialami tokoh, dan sebagainya.

Bagi sebagian penonton rekap film itu dihindari. Mereka menyebutnya penuh dengan spoiler. Tak seru jika telah tahu jalan cerita dan penutup kisahnya. Tapi tak sedikit pula kalangan yang menyukai rekap film. Mereka adalah kaum yang tak terdampak oleh spoiler. Tahu atau tidak tahu spoiler tak masalah asalkan filmnya bagus.

Rekap film ini umumnya lebih banyak digunakan di kalangan penggemar film serial. Para penulis rekap dengan rajin menceritakan isi cerita dari tiap episode atau tiap musim, apa yang dialami tokoh utama, masalah-masalah yang dijumpai si tokoh utama dan sebagainya.

Aku sendiri mulai menjumpai banyak tulisan tentang rekap film pada saat film serial "Game of Thrones" masih tayang. Baru 1-2 jam film serialnya tayang, eh sudah bertaburan rekap filmnya di internet.

Bagiku saat itu rekap film "Game of Thrones" membantu karena seringkali aku terlambat menyaksikannya. Apalagi rasa ingin tahuku juga tinggi. Meski sudah membaca rekapnya tetap saja aku ingin menontonnya.

Sekarang aku suka membaca rekap atau sinopsis untuk memilih episode film serial sitkom atau animasi yang kutonton (sumber: IMDb)
Sekarang aku suka membaca rekap atau sinopsis untuk memilih episode film serial sitkom atau animasi yang kutonton (sumber: IMDb)
Adanya artikel rekap film juga membantuku mengetahui adegan yang terlewat. Misalnya saat nonton film di teve aku harus ke toilet dan penasaran apa yang terjadi, maka aku tinggal mencari di rekap tersebut. Memang sih tak selalu ada di internet.

Jika dulu aku suka mencari rekap "Game of Thrones", kini aku suka mencari rekap film serial animasi atau film serial sitkom yang ceritanya lepas. Dari membaca jalan ceritanya aku menentukan episode mana yang ingin kutonton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun