Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Enola Holmes", Heroine Era Victoria dan Gerakan Emansipasi

24 September 2020   15:56 Diperbarui: 24 September 2020   21:34 153 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Enola Holmes", Heroine Era Victoria dan Gerakan Emansipasi
Enola Holmes adalah adik bungsu Sherlock (sumber: IMDb/Netflix)

"Our future is up to us"

Sosok Enola Holmes mungkin terdengar asing bagi pembaca Sherlock Holmes versi pengarang aslinya, Arthur Conan Doyle.

Dalam novel tersebut, Sherlock dikisahkan hanya memiliki seorang kakak laki-laki bernama Mycroft. Sosok adik perempuan baru disinggung dalam serial Sherlock versi BBC pada musim keempat dengan nama Eurus Holmes.

Lalu siapa Enola Holmes?

Namanya baru disinggung sebagai adik Sherlock melalui novel karya Nancy Springer. Nah, buku serial yang berjudul "The Enola Holmes Mysteries" inilah landasan cerita dalam film "Enola Holmes".

Dikisahkan dalam awal film ini Sherlock, Mycroft, dan Enola adalah tiga bersaudara. Setelah dua anak laki-lakinya melanjutkan pendidikan dan suaminya meninggal otomatis Enola (Millie Bobby Brown) hanya tinggal berdua dengan ibunya, Eudoria Holmes (Helena Bonham Carter).

Ibunya digambarkan perempuan yang aktif dan eksentrik. Ia mengajari Enola banyak hal, dari berbagai cabang ilmu pengetahuan, hal-hal kimiawi, dan latihan fisik.

Permasalahan hadir ketika ibunya tiba-tiba menghilang pada saat hari ulang tahun Enola keenambelas. Awalnya memang sikap ibunya nampak berubah, lebih tertutup. Tapi Enola tak menyangka ibunya meninggalkannya dan tak kunjung kembali.

Ia pun menghubungi dua abangnya, Sherlock (Henry Cavill) dan Mycroft (Sam Claflin) untuk membantunya.

Kakak sulungnya memaksa Enola untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah berasrama. Kesal akan putusan tersebut, Enola kemudian kabur dari rumah dengan menyamar dengan menggunakan petunjuk pesan-pesan tersandi dari ibunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x