Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Belajar tentang Kesiapsiagaan Bencana Lewat Kursus Daring

31 Agustus 2019   23:58 Diperbarui: 1 September 2019   00:19 47 4 1 Mohon Tunggu...
Belajar tentang Kesiapsiagaan Bencana Lewat Kursus Daring
Indonesia negeri rawan bencana, sehingga perlu pengetahuan kesiapsiagaan bencana | Dokumentasi: Liputan6.com

Asyiknya hidup di era digital adalah banyaknya penyelenggara yang memberikan materi menarik lewat kursus daring secara gratis. Era e-learning ini semakin terbantu dengan akses internet yang semakin cepat dan merata ini.

Di Indonesia salah satu penyelenggara kursus daring yang materinya variatif adalah IndonesiaX. Hadir sejak tahun 2015, IndonesiaX juga memberikan materi kursus yang diperlukan bagi masyarakat Indonesia yang memang tinggal di negeri dengan ancaman bencana. Ada dua materi kursus, yaitu "Manajemen Bencana" dan "Keluarga Siaga Bencana". 

Era Massive Open Online Courses hadir sekitar tahun 2006, namun mulai populer pada tahun 2012 dengan adanya Coursera, Stanford Online, Udacity, edX, dan sebagainya.  Di Indonesia, pertumbuhannya relatif stagnan, yang masih bertahan salah satunya adalah IndonesiaX. 

Materi di sini berkembang dari yang awalnya berpusat pada materi SDM dan pemasaran, kemudian merambah ke bidang teknologi informasi, komunikasi, kesehatan, keuangan, dan juga bencana alam.

Materi yang terakhir menurutku sesuai dan diperlukan oleh masyarakat saat ini agar mereka mempunya pengetahuan tentang potensi bencana di Indonesia, ragamnya, juga hal-hal yang harus dilakukan apabila bencana tersebut terjadi di sekitar kita. 

Mengapa materi ini penting? Karena posisi Indonesia, faktor geografis, juga faktor manusia membuat Indonesia termasuk negara yang rawan bencana. Indonesia masuk ring of fire dan berada di antara tiga lempeng tektonik sehingga potensi bencana seperti gempa bumi, erupsi, dan tsunami terbilang tinggi.

Selain itu, bencana juga bukan hanya faktor alam. Manusia juga bisa menyebabkan terjadinya bencana, baik langsung atau tak langsung, seperti bencana kebakaran, pencemaran karena limbah, dan kebanjiran.

Materi kursus, "Manajemen Bencana"  memiliki beberapa materi pokok, yaitu apa itu manajemen bencana, apa saja jenis bencana dan potensi bencana di tiap-tiap daerah di Indonesia, cara tanggap darurat dan business continuity management, mitigasi bencana, serta tindakan pertolongan pertama dan penyelamatan korban bencana.

Di sini peserta diajak untuk mengetahui cara menghadapi gempa, dampak bencana terhadap korban, serta hal-hal yang harus diketahui sebelum terjadinya bencana, respon saat terjadi bencana, dan pasca bencana tersebut. 

Di sini juga diberitahukan cara-cara menangani korban bencana, misal saat korban tertimbun reruntuhan karena gempa dan sebagainya. 

Sedangkan dalam "Keluarga Siaga Bencana" yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana peserta diajarkan cara untuk menyusun rencana kesiapsiagaan keluarga untuk menghadapi bencana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN