Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Masalah Alam, Pangan, dan Kesehatan Jadi Tantangan, Itulah Perlunya Gabung DBA 3

10 Agustus 2019   19:43 Diperbarui: 10 Agustus 2019   19:57 0 2 2 Mohon Tunggu...
Masalah Alam, Pangan, dan Kesehatan Jadi Tantangan, Itulah Perlunya Gabung DBA 3
Hutan menjadi salah satu penjaga air dan kualitas udara di sebuah daerah, hutan, pangan, dan kesehatan memiliki keterkaitan (dokpri)

Aku terheran-heran melihat sungai yang mengelilingi Pasar Ah Poong, Sentul, itu mulai mengering. Memang saat ini masih memasuki musim kemarau, hanya aku tak mengira imbasnya seperti ini. Beberapa daerah lainnya juga melaporkan wilayahnya yang mengalami kekeringan. Sungai yang mengering bisa berdampak pada kebutuhan air bersih dan kebutuhan untuk mengairi persawahan. 

Alam, pangan, dan kesehatan memiliki keterkaitan dan akan selalu menjadi tantangan di tiap masa. Inilah tugasku dan tugas Kalian untuk menjaga kesehatan bumi dan kesehatan tubuh tiap individu agar tercapai one planet one health.

Kelestarian alam, pangan, dan kesehatan selalu menarik perhatianku. Apabila alam tidak seimbang misalnya disebabkan eksploitasi air tanah yang berlebihan ataupun karena pencemaran air dan tanah oleh limbah maka yang bakal rugi nantinya adalah manusia itu sendiri.

Bagaimana jika persediaan air bersih tercemar? Bagaimana jika terjadi gagal panen berkepanjangan? Bagaimana jika calon ibu kurang asupan nutrisi bergizi karena lingkungannya yang sulit mengakses kebutuhan tersebut? Ya, ada banyak hal yang bisa terjadi karena lingkungan yang buruk akan berpengaruh terhadap kualitas bahan pangan dan kesehatan.

Melihat sungai-sungai yang mulai mengering, aku merasa gundah, apakah sawah terairi dengan cukup? (dokpri)
Melihat sungai-sungai yang mulai mengering, aku merasa gundah, apakah sawah terairi dengan cukup? (dokpri)
Aku sendiri sebenarnya tidak punya latar belakang apapun yang terkait dengan lingkungan, pangan, dan kesehatan. Tapi keluargaku memiliki kaitan dengannya dan memberikanku wawasan serta menularkan minat tentang hal tersebut. Ayahku seorang petani tebu. Beliau suka bercerita tentang nasib petani dan cita-citanya memiliki lahan pertanian yang luas dan hijau. 

Sedangkan kakak nomor duaku aktif melakukan penelitian di bidang industri pertanian dan pengolahan pangan. Ia pernah melakukan eksperimen tentang pembuatan nasi buatan agar nantinya terjadi diversifikasi pangan dan masyarakat tak bergantung pada beras.

Dari merekalah timbul minat dan kecintaan akan pangan, alam dan juga tentang kesehatan. Lingkungan yang sehat, cukup mineral, air, dan cahaya matahari akan membuat tanaman tumbuh subur dan menjasi sumber nutrisi.  Makanan yang kaya nutrisi tentunya berkaitan erat dengan kesehatan seseorang. Ia akan tumbuh normal sejak bayi hingga dewasa, baik dari segi fisik, kemampuan otak, dan kesehatan mentalnya.

Padi yang tumbuh subur akan menghasilkan nutrisi yang kaya bagi manusia (dokpri)
Padi yang tumbuh subur akan menghasilkan nutrisi yang kaya bagi manusia (dokpri)
Pengetahuan akan tiga hal tersebut bertambah luas sejak aku merasakan menjadi satu di antara 20 peserta Danone Blogger Academy. Materinya sungguh bergizi. Kemasannya padat, materinya berlimpah, namun disuguhkan dengan cara yang menyenangkan dan berlangsung dua arah. Para peserta bebas bertanya agar benar-benar paham dengan apa yang disampaikan oleh narasumber.

Dari segi nutrisi, peserta diberikan materi tentang 1000 hari yang luar biasa dan penting bagi bayi. Kami juga mendapat wawasan betapa tidak mudahnya proses menjadi beras yang biasa kita konsumsi sehingga janganlah menyia-nyiakannya. Kami juga diberitahu fakta tentang kebutuhan air minum serta pentingnya menjaga lingkungan alam agar manusia dan makhluk hidup lainnya tak menjadi korban.

Ilmu ini semakin komplit ketika kami langsung diajak ke lapangan melihat langsung proses pembuatan tempe, cara mengolah dan menjaga air bersih, cara memberdayakan sampah plastik menjadk barang yang bernilai guna serta makanan-makanan sedap bergizi dari tanaman yang ditanam sendiri.

Jadah tempe yang sedap dan gurih (dokpri)
Jadah tempe yang sedap dan gurih (dokpri)
Danone Blogger Academy ini bagiku adalah sekolah komplet para blogger. Kami bukan hanya diberikan materi namun juga ditempa untuk menjadi blogger dan kompasianer paket komplet. Kami diajarkan cara menyampaikan materi secara bercerita (story telling), bagaimana mendapatkan data, bagaimana mengenali hoaks, cara memotret dan merekam video yang baik, dan masih banyak lagi yang lain. Tentunya dalam acara ini kami juga mendapatkan teman-teman baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3