Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Libur Lebaran, Bioskop Pun Ikut Sesak

9 Juni 2019   13:43 Diperbarui: 9 Juni 2019   13:44 0 3 0 Mohon Tunggu...
Libur Lebaran, Bioskop Pun Ikut Sesak
Bioskop juga jadi tempat menghabiskan waktu selama libur lebaran (dokpri)

Selain tempat wisata, bioskop menjadi salah satu tempat yang diburu untuk menikmati libur lebaran. Banyak yang penasaran akan film-film yang ditayangkan selama libur lebaran, selain juga dijadikan ajang untuk seru-seruan bersama kawan dan keluarga.

Pada hari kedua lebaran, pasangan mengajak nonton bioskop. Ia ingin menyaksikan kelanjutan film "Si Doel The Movie". Oleh karena kami merayakan lebaran di sekitaran Kalijati, Subang, maka bioskop terdekat hanya ada di Sadang, Purwakarta. Dari Kalijati sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

Awalnya kami berniat untuk membeli tiket di tempat saja. Pikir kami paling masih lainnya masih sibuk silaturahmi, bioskop paling tidak begitu ramai.

Namun ketika melihat di aplikasi pemesanan tiket, bangku bioskop bagian atas mulai ramai, maka aku jadi was-was. Wah kayaknya lebih aman beli tiket dulu deh. Akhirnya kami masih dapat tiket di dua deret teratas, agak di pojok.

Rupanya kekuatiranku terbukti. Antrian panjang terlihat di loket. Aku merasa beruntung tinggal mencetak tiket di mesin. Seorang ibu nampak penasaran dan bertanya bagaimana membeli tiket dengan mesin. Tapi ia kemudian nampak bingung ketika kujelaskan dan lalu kembali ke antrian.

Libur ke bioskop (dokpri)
Libur ke bioskop (dokpri)

Wah sepertinya memang bioskop masih jadi favorit menghabiskan libur lebaran. Dua tahun lalu aku juga nonton bioskop di Dinoyo, Malang. Memang rame sih waktu itu tapi tak sepadat tahun ini.

Ketika aku menonton midnight "Dark Phoenix" aku juga terheran-heran melihat begitu cepatnya bangku terisi. Saat siang hari bangku favorit sudah terisi. Aku hanya dapat kursi pojokan di deretan nomor dua teratas.

Ketika semalam aku datang di bioskop pukul 21.30 WIB, suasana bioskop tak jauh beda dengan akhir pekan hari biasa. Rame banget. Banyak anak kecil juga bayi dan balita yang juga ikut diajak nonton midnight oleh orang tuanya. Bangku pun penuh oleh mereka yang penasaran akan kisah Jean Grey bertransformasi jadi Dark Phoenix.

Wah wah wah rupanya kekuatiran bioskop digantikan televisi dan layanan streaming belum terbukti ya. Bioskop saat libur lebaran tetap rame. Mungkin hal ini yang membuat produser film berlomba-lomba memasukkan filmnya pada periode libur lebaran.

Kali ini lima film Indonesia yang berhasil masuk di jadwal pemutaran film lebaran, di mana sebagian adalah film sekuel. Ada "Kuntilanak 2", "Si Doel The Movie 2", Single 2", "Hit n' Run", dan "Ghost Writer". Mereka berlomba-lomba untuk bisa menjaring penonton dan meraup lebih dari 1 juta penonton. Hingga kemarin "Kuntilanak 2" dan "Si Doel The Movie 2" yang telah meraih lebih dari 200 ribu penonton, yang lainnya juga terus menyusul.

Tentang film lebaran, ada semacam 'perjanjian' untuk menjadikan film Indonesia menjadi tuan rumah. Film-film mancanegara baru lainnya ditunda dulu untuk tayang. Jaringan bioskop memberikan waktu kepada film Indonesia untuk unjuk gigi. Tak heran jika sebagian bioskop hanya memutar film Indonesia, seperti di XXI Cijantung.

Menurutku ini 'perjanjian' yang baik agar porsi layar film indonesia dan film mancanegara lebih seimbang. Hanya, sebaiknya film Indonesianya juga dikurasi terlebuh dahulu, khususnya untuk yang tayang pada saat libur lebaran agar penonton juga punya pilihan menonton film-film yang berkualitas.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x