Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Kisah-kisah Makanan Sahur

26 Mei 2018   22:11 Diperbarui: 26 Mei 2018   22:24 845
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ayam goreng kampung memang enak dan bisa jadi favorit menu saat sahur (dokpri)

Kakiku diguncang-guncang oleh pasangan. Hei bangun sahur nggak? sudah jam segini nih. Aku mengerjap-ngerjapkan mata. Badanku enggan bangkit dari kasur. Aku seketika bangun, terkejut ketika melihat jam dinding. Sudah jam empat lewat lima dan aku belum menyiapkan makanan!0

Akhirnya kami berdua makan sesuatu yang bersifat instan. Ya, kami harus puas dengan mie instan dan secangkir teh hangat. Aku melirik kesal ke pasangan, kenapa dia tidak memasak nasi dan menyiapkan lauk-pauk. Ia berdalih juga baru bangun. Kami berdua sama-sama lupa memasang alarm. Sementara, di kulkas kami kehabisan susu untuk teman choco crunch. Daripada terus manyun, aku menghabiskan makanan dan menyeruput teh hangatku.

Mie instan dan teh hangat lumayan membantu untuk mengganjal perut dan menjadi sumber energi. Tapi sebenarnya mie instan kurang baik untuk sebagai makanan sahur meskipun sudah ditambahi telur. Aku menyimpan mie instan ini sebagai makanan darurat jika tidak sempat memasak saat sahur. Tapi jika ada sereal atau oat, aku memilih dua makanan tersebut karena lebih sehat.

Memang ada banyak jenis makanan yang bisa disantap saat sahur. Biasanya jika makanan berbuka masih banyak maka aku tinggal menghangatkannya agar lebih hemat. Meski ya kadang-kadang kurang berselera melihat menu yang sama.

Kadang-kadang pasangan bosan dengan makanan sebelumnya sebagai makanan berbuka, jadinya aku pun kemudian memasak lagi yang sifatnya praktis. Ia suka dengan nasi goreng. Gampang sih bikinnya. Tinggal menghaluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe merah, garam, serta sedikit terasa. Sreng-sreng sreng jadi deh nasi goreng sederhana.

Nasgor menu sederhana yang banyak penggemarnya (dokpri)
Nasgor menu sederhana yang banyak penggemarnya (dokpri)
Ketika sedang benar-benar malas memasak aku pun tinggal menggoreng telur dan nugget, kemudian kami santap dengan sambal tomat yang telah kubuat dalam porsi besar pada hari sebelumnya.Tetap sih terasa kurang lengkap karena tanpa sayuran. Aku pun mencoba mengganti sayuran dengan buah-buahan seperti jeruk dan pisang. Tapi kandungan sayuran sebenarnya tidak bisa digantikan oleh buah-buahan sih. Jadinya kuusahakan di menu sahur dan berbuka tetap ada sayur.

Menu Sahur Favoritmu Apa Saja?

Aku kurang berselera untuk makan sahur. Memang sih aku tidak pilih-pilih makanan, kalau adanya nasi dengan ayam goreng ya tidak masalah. Jika adanya roti aja juga tidak apa-apa. Tapi ada beberapa jenis makanan yang kusuka dan bisa membuatku berselera.

Yup, aku sangat suka bubur seperti bubur kacang hijau, kacang merah, dan ketan hitam. Makanan ini hangat, kaya serat, dan pastinya nikmat. 

Bubur kacang hijau yang dimasak dengan santan itu makin nikmat ketika ditambahkan susu bubuk. Rasa gurihnya dobel dan creamy. Dikentalkan dengan tepung terigu juga enak dan bikin lebih kenyang.

Makanan favoritku saat sahur lainnya adalah buah-buahan, seperti apel, jeruk, dan pisang. Adanya buah-buahan ini bikin aktivitas sahur jadi terasa segar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun