Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bulan Ramadan, Kejar Lima Target Ini

16 Mei 2018   21:27 Diperbarui: 16 Mei 2018   23:24 1174 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bulan Ramadan, Kejar Lima Target Ini
Buku-buku agama Islam ini belum berhasil kutamatkan.Bulan ini ingin kusesapi isinya (dokpri)

Wah akhirnya besok umat muslim resmi memasuki bulan Ramadhan. Tentunya ada banyak hal yang ingin digapai setiap pemeluk agama Islam selama bulan suci ini. Aku sendiri menargetkan lima hal ini bisa kucapai selama bulan suci Ramadhan ini.

Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang selalu ditunggu-tunggu umat muslim . Bulan ini penuh kemuliaan dan Allah SWT dengan murah hati melipatgandakan pahala.

Ada banyak harapan yang umumnya menjadi target tiap orang agar bulan ini berbeda dan istimewa dibandingkan bulan-bulan lainnya. Target ini bisa jadi berbeda antara satu sama lain. Ada yang memiliki target untuk khatam Al-Quran, ada pula yang ingin maksimal beribadah selama berumrah, dan ada juga yang ingin lebih banyak beramal. Sambil menyelam minum air, sambil melakukan dan menyebarkan kebaikan, juga mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat.

Pada tahun-tahun sebelumnya biasanya aku menargetkan untuk berpuasa penuh tanpa bolong kecuali saat berhalangan. Target berikutnya biasanya khatam membaca Al-Quran dengan 1-2 juz perharinya.

Tahun ini aku memiliki lima target selama bulan puasa ini. Sasaran ini sederhana dan tidak muluk-muluk. Syukur-syukur aku bisa melampaui target tersebut.

Minimal Lima Kali Sholat Tarawih di Masjid

Salah satu ibadah yang hanya ada pada bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Sholat tarawih ini bisa dilakukan di rumah atau berjamaah di masjid.

Ketika masih anak-anak sekolah, aku cukup rajin melakukan sholat tarawih di masjid. Baru ketika mulai bekerja terkadang ada berbagai hal yang menyebabkan sulit untuk tiap hari melakukan sholat tarawih di masjid. Kadang-kadang kecapekan dan baru bisa sholat tarawih saat jelang sahur, terkadang ada berbagai aktivitas buka bersama sehingga pulang ke rumah sudah cukup malam.

Menurutku sholat tarawih di masjid merupakan aktivitas yang menarik selain mendapatkan pahala yang berkali lipat. Biasanya ada cerita tersendiri terutama jika melakukan sholat tarawih di masjid-masjid yang berbeda karena beda masjid biasanya ada sesuatu yang unik

Tahun ini aku tidak muluk-muluk hanya menargetkan melakukan minimal lima kali sholat tarawih di masjid. Syukur-syukur bisa melakukannya di beberapa masjid sehingga ada berbagai kesan menarik pada bulan Ramadhan ini.

Sebenarnya sholat tarawih tidak memakan banyak waktu. Jam 20-an biasanya sudah selesai (dokpri)
Sebenarnya sholat tarawih tidak memakan banyak waktu. Jam 20-an biasanya sudah selesai (dokpri)
Membaca Buku-Buku Agama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN