Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

4G LTE Bikin Kamu Bisa Update yang Kamu Mau

4 September 2017   22:53 Diperbarui: 4 September 2017   23:06 539 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dengan internet cepat bisa update ilmu dan wawasan kapanpun dimanapun (sumber: XL Axiata)

Pada era digital ini dimana arus informasi begitu deras dan cepat, maka sebagai kaum urban ada rasa was-was jika ketinggalan informasi. Ketika ngobrol bersama pasangan atau kawan-kawan, bisa-bisa tidak nyambung dan teralienisasi jika ketinggalan kabar terbaru. Kalau aku berupaya stay cool hehehe, jika belum nyambung dengan obrolan, maka dengan senjata internet cepat XL, aku langsung update tanpa panik.

Terhitung sudah 14 tahun aku setia bersama XL. Awalnya ikut-ikutan, gara-gara kedua kakak dan kedua kakak iparku menggunakan provider tersebut, akhirnya keterusan hingga sekarang. Selain memang malas ganti nomor, provider ini tangguh digunakan dimana saja, baik ketika digunakan di kawasan Jabodetabek, pulang kampung ke Malang, naik-naik ke puncak Ijen, maupun ketika berlibur ke kawasan terpencil.

Ada banyak pengalaman menarik bersama XL. Salah satu yang tak terlupakan ketika menjalani long distance relationship pada tahun lalu. Pada masa-masa tersebut minimal dua kali kami melakukan video call, dan frekuensinya bertambah saat bulan puasa dan lebaran. Waduh jika internetnya lelet dan tidak stabil bisa-bisa saya bad mood melulu karena sulit kontak-kontakan dengan pasangan. Syukurlah sambungan internet kami dua-duanya lancar sehingga komunikasi tak terganggu hingga pasangan kembali ke tanah air.

Ketika PT XL Axiata mengembangkan layanan internet cepat dengan 4G LTE (Fourth Generation Long Term Evolution) sejak tahun 2014 hingga sekarang dimana telah menjangkau 130 kota, ada banyak keuntungan yang kurasakan. Memang, ada perbedaan signifikan antara kecepatan internet 3-4 tahun lalu dengan saat ini. Aku mengetahuinya dengan melihat betapa cepatnya proses unggah dan unduh file saat ini, juga betapa lancarnya saat streaming video. Dulu kecepatan unggah dan unduh file berkisar di bawah 10 Mbps, sekarang bisa mencapai hingga 70-100 Mbps. Wah jadinya makin cepat dan mudah untuk unduh video-video materi dari situs MOOC (massive open online course).

Manfaat Internet Cepat 4G LTE Bagi Generasi Milenial

Apa sih makna internet cepat bagi Kalian? Apakah 4G LTE bermanfaat untuk melakukan aktivitas seperti streaming video, unggah vlog, main games online, bersosial media atau hal-hal lainnya yang sifatnya kontributif?  Pastinya sih, internet cepat dan stabil dari XL itu bisa membuat para netizen termasuk blogger, bisa melakukan apa saja. Update berita bisa, update kabar dari selebriti via media sosial juga iya. update informasi musik juga bisa, updatetrailer film ataupun webseries juga dapat, serta update tentang buku terbaru, ilmu pengetahuan dan wawasan umum.

Kalau saya terasa banget manfaat 4G LTE untuk meng-update informasi lagu-lagu terbaru, streaming video, unduh video materi MOOC, membaca buku lewat apps, dan mengikuti e-learning. Aktivitas-aktivitas tersebut sangat membantu saya dalam menambah wawasan dan menjadi bahan dalam membuat tulisan di blog.

Saya bisa nambah ilmu lewat e-learning (sumber: XL Axiata)
Saya bisa nambah ilmu lewat e-learning (sumber: XL Axiata)
Untuk informasi single dan album terbaru, saya suka memutakhirkan wawasan lewat Yonder Music. Aplikasi mobile dari XL ini bisa diunduh cuma-cuma di Google Play Store untuk Android.

Di sini ada lebih dari 20 juta lagu dengan beragam genre. Bahkan musik cadas nu metal seperti Slipknot, favorit saya, juga ada. Selain bisa mendengar lagu, pengguna juga bisa karaokean. Kalau saya sih sekedar suka mendengarkan lagu-lagu baru band favorit dan sneak peek atau intip sejenak lagu jika penyanyinya belum dikenal.

Dengan apps Yonder Music aku bisa update lagu-lagu terbaru (sumber: PlayStore/XL Axiata)
Dengan apps Yonder Music aku bisa update lagu-lagu terbaru (sumber: PlayStore/XL Axiata)
Selain memiliki aplikasi untuk mendengarkan musik, XL juga memberikan tambahan ilmu lewat portal e-learning-nya. Portal ilmu jarak jauh ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2013 dengan nama XL Future Leaders. Sekarang materinya lebih beragam dan lebih menyasar ke generasi Milenial yang lengket dengan gadget.

Namanya berubah menjadi eLearn. Bedanya e-learning ini dengan yang sudah ada adalah materinya yang lebih fokus dalam pengembangan softskill dibandingkan hardskill. Materinya menarik, ada tentang bagaimana mendapatkan ide, bagaimana beradaptasi di dunia kerja, cara berpakaian pria dan wanita di dunia kerja, cara menghadapi wawancara kerja, tentang startup dan masih banyak lagi.

Materinya menarik bagi kaum milenial (sumber: eLearn/XL Axiata)
Materinya menarik bagi kaum milenial (sumber: eLearn/XL Axiata)
Saya mencoba update kembali wawasan tentang dunia kerja karena akan bekerja full time lagi dalam waktu dekat. Saya pun gabung kursus Panci, yaitu singkatan pandai saja tidak cukup, ingat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan