Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

JNE Makin Melejit Seiring Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Era Digital

25 Desember 2015   19:42 Diperbarui: 25 Desember 2015   19:42 330 1 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Diskusi Bareng dengan Penggiat Ekonomi Kreatif Dipandu Liviana Cherlisa"][/caption]

26 November 2015 menandai 25 tahun kontribusi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di bidang bisnis logistik di Indonesia. Bisnisnya makin melejit dan makin variatif seiring perusahaan yang makin matang dan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia yang makin cerah.

Hingga saat ini JNE telah memiliki 5000 titik layanan dan 13 ribu pegawai Bisnisnya pun tak tanggung-tanggung dengan rata-rata 400 ribu pengiriman/hari dimana terjadi kenaikan 39% dibanding tahun 2014. Layanan one night service dan same day juga makin digemari dimana layanan ini tersedia di 28 kota besar. Saat ini JNE juga telah melakukan pengiriman ke lebih dari 100 negara dan juga siap melakukan layanan jemput barang yang akan dikirim.

[caption caption="Perkembangan dan Keberhasilan JNE Tahun 2015"]

[/caption]

Pertumbuhan bisnis logistik ini terlihat sejak tujuh tahun terakhir dimana kenaikan turut dipengaruhi kenaikan konsumsi domestik dan berkembangnya e-commerce, pertumbuhan golongan menengah, serta dengan kenaikan penetrasi internet dan handphone di masyarakat.

Golongan menengah di Indonesia saat ini memang memiliki kenaikan dari 74 juta tahun 2013 dan diperkirakan naik hingga 141 juta pada tahun 2020. Hingga saat ini telah lebih dari 74 juta pengguna internet dan lebih dari 260 juta pemilik handphone. Segmen e-commerce juga tumbuh drastis dimana pertumbuhannya dari tahun 2013 dan pada tahun 2016 mendatang diperkirakan mencapai 89,1 persen. Sedangkan dari sisi omzet diperkirakan akan naik dari USD1,8 miliar pada tahun 2013 menjadi USD4,49 miliar pada tahun 2016.

 [caption caption="Presdir JNE Mohamad Feriadi Berkomitmen Mendekatkan Diri ke Pelanggan dengan Memberikan Layanan Berkualitas"]

[/caption]

Sejalan dengan bisnis logistik yang makin cerah dengan pertumbuhan e-commerce, JNE tidak mau berpangku tangan melaikan terus aktif berinovasi. Dengan usia ke-25 nya ini JNE mengusung tema 25 Tahun Merangkai Nusantara dan berupaya meningkatkan kualitas layanan serta semakin mendekatkan diri ke pelanggan. Pembenahan meliputi bidang infrastruktur, teknologi informasi, sumber daya manusia, dan jaringan serta peluncuran website baru beralamat di http://jne.co.id yang digadang-gadang lebih memudahkan pelanggan dalam menggunakan layanan JNE seperti melakukan tracking barang yang dikirim dan lebih interaktif.

 [caption caption="Fitur Trace dan Track di Website JNE (jne.co.id)"]

[/caption]

[caption caption="JNE Loyalty Card Upaya Mendekatkan Diri pada Pelanggan"]

[/caption]

Hal ini menurut Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi dan CEO Grup JNE Abdul Rahim Tahir sejalan dengan komitmen JNE untuk terus berinovasi memberikan kemudahan pada pelanggan. Pada tahun 2016 mereka akan menambah 500 titik layanan hingga tingkat kecamatan dan akan terus meningkatkan digital tools karena saat ini adalah era digital. JNE juga akan terus meningkatkan bisnis lainnya selain pengiriman barang melalui darat, air dan udara, yakni bisnis kargo dan pergudangan. Gudang ini nantinya dapat disewa oleh perusahaan e-commerce untuk menyimpan barang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x