Mohon tunggu...
DEWI BAYU UTAMI
DEWI BAYU UTAMI Mohon Tunggu... Guru - ANAK BANGSA

Riwayat Pendidikan : SD Negeri Banjarsari Kidul, SMP Negeri 1 Sokaraja, SMA Negeri Patikraja, UMP, Guru SD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Quizizz Memacu Semangat Matematika

6 Desember 2020   08:58 Diperbarui: 6 Desember 2020   09:00 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Matematika memiliki peranan yang penting dalam kehidupan, karena banyak persoalan dan kegiatan hidup yang memerlukan kemampuan matematika seperti menghitung, mengukur dan lain-lain. Peran matematika di era teknologi ini semakin dirasakan karena banyak informasi yang disanpaikan orang dalam bahasa matematika, seperti persamaan, tabel, grafik dan diagram. Melalui pembelajran matematika siswa dibekali agar memiliki kesanggupan dan kesiapan dalam menjalani kehidupan di masa yang akan dating.

Menyadari akan peran penting matematika dalam kedidupan, maka belajar matematika merupakan kebutuhan dan kegiatan yang menyenangkan. Namun pada kenyataannya matematika kurang diminati oleh para siswa, hal ini di sebabkan oleh persepsi yang beranggapan bahwa pelajaran matematika sulit dan membosankan yang sudah melekat pada diri siswa. Ketakutan siswa pada mata pelajaran matematika merupakan hal yang berlebihan sehingga membuat hasil belajar matematika tergolong rendah.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri 1 Sumilir diperoleh data hasil belajar matematika pada kelas IV di SD Negeri 1 Sumilir masih relative rendah, hal ini ditunjukan dari perolehan nilai ulangan mata pelajaran matematika pada tahun 2020/2021. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SD Negeri 1 Sumilr maka diperoleh informasi bahwa rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan oleh kurangnya minat, rasa percaya diri dan perhatian siswa dalam pelajaran matematika, kurangnya keaktifan siswa pada saat mengikuti pelajaran matematika. Pembelajaran masih berpusat pada guru, guru juga hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.

Untuk mengatasi segala permasalahan pelajaran matematika yang ada terutama oprasi bilangan bulat diperlukan inovasi baru. Disini peneliti akan menggunakan media Quizizz untuk melakukan pembelajaran dengan siswa. Walaupun sebenarnya, ada banyak situs yang menyediakan kuis online. Namun, salah satu yang terbaik adalah Quizizz. Hal ini karena tampilan yang menarik, dan pembuatan kuis yang sangat mudah. Berkembangnya teknologi mempermudah kita dalam melakukan berbagai hal. Demikian halnya dalam bidang pendidikan, teknologi dapat mempermudah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, salah satunya adalah proses evaluasi. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi adalah penggunaan aplikasi kuis interaktif, quizizz.

Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game, yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan membuatnya di kelas latihan interaktif dan menyenangkan. Dengan menggunakan Quizizz, siswa dapat melakukan latihan di dalam kelas ataupuan diluar kelas pada perangkat elektronik mereka. Sehingga siswa dapat lebih fleksibel dalam mengerjakan pekerjaan rumah dan guru dapat membatasi waktu pekerjaan rumah tersebut. Tidak seperti itu aplikasi pendidikan lainnya, Quizizz memiliki karakteristik permainan seperti avatar, tema, meme, dan musik menghibur dalam proses pembelajaran. Quizizz juga memungkinkan siswa untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar. Peserta didik mengambil kuis pada saat yang sama di kelas dan melihat peringkat langsung mereka di papan peringkat. Instruktur dapat pantau prosesnya dan unduh laporan ketika kuis selesai untuk mengevaluasi kinerja peserta didik. Menggunakan ini aplikasi membantu merangsang minat dan meningkatkan konsentrasipeserta didik.

Berikut langkah-langkah Pembuatan quiz melalui Quizizz : 

  • Masuk ke www.quizizz.com lalu klik "Sign Up"
  • Pilih "sign up with email" atau "sign up with google"
  • Klik "Teacher" jika ingin login sebagai guru
  • Masukkan identitas (Username, email, dan password) lalu Continue
  • Jika sudah masuk, buatlah kuis dengan cara mengklik "create new quiz" pada bagian kiri atas.
  • Akan muncul tampilan Let's create a quiz : Masukkan nama kuis, bahasa lalu klik "save"
  • Akan muncul tampilan selanjutnya lalu klik "Create new question"
  • Masukkan pertanyaan pada kolom "Write your question here" lalu masukkan opsi jawaban (jika menggunakan pilihan ganda) pada kolom "Answer option 1, answer option 2, dan seterusnya"
  • Beri centang pada bagian kolom jawaban yang benar, atur durasi pengerjaan dalam satu soal, lalu klik "save"
  • Jika sudah menulis semua kuis, klik "Finish Quiz"
  • Maka akan muncul tampilan Quiz Detail (atur kelas berapa kuis itu ingin ditujukan dan mata pelajaran apa yang digunakan) lalu klik "save details"
  • Akan muncul tampilan selanjutnya, pilih "Homework" jika ingin digunakan sebagai PR dan pilih "Play Live" jika ingin digunakan sebagai mulai sekarang.
  • Masukkan deadline pengerjaan (atur tanggal dan jam) lalu klik "Procced"
  • Akan muncul tampilan selanjutnya yaitu kode yang digunakan untuk masuk dalam pengerjaan kuis.

Cara mengerjakan kuis :

  • Siswa membuka link https://join.quizizz.com
  • Siswa memasukkan 6 digit kode yang diberikan oleh guru lalu klik "Proceed"
  • Siswa memasukkan nama mereka masing-masing lalu klik "start"
  • Siswa mengerjakan kuis tersebut dengan waktu setiap soal, misal 30 detik (sesuai dengan aturan guru)

Keterangan kuis : 

  • Setiap siswa selesai menjawab pertanyaan dengan benar maka akan muncul berapa point yang didapatkan dalam satu soal dan juga mendapat ranking berapa dalam menjawab soal tersebut.
  • Jika siswa menjawab salah pertanyaan tersebut, maka akan muncul jawaban yang benar/ correct.
  • Jika selesai mengerjakan kuis, pada akhir kuis akan ada tampilan Review Question untuk melihat kembali jawaban yang kita pilih.
  • Dalam pengerjaan kuis, setiap siswa mendapatkan daftar pertanyaan yang berbeda dengan siswa lainnya karena kuis tersebut dibuat dalam bentuk Homework/PR sehingga daftar soalnya diacak dan setiap siswa, soal yang muncul berbeda-beda.

Harapan dengan pemanfaatan aplikasi kuis online dengan Quizizz ini dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih menyenangkan dan membuat siswa menjadi lebih semangat dalam belajar. Sehingga tujuan dari pendidikan akan tercapai jika pembelajar dan pengajar memiliki semangat dan saling mendukung antara yang satu dengan yang lainnya tercapai. Sehingga penggunaan media Quizizz bisa menjadi salah satu trobosan baru dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun