Mohon tunggu...
Dewi Syafrie
Dewi Syafrie Mohon Tunggu... Lainnya - Tulisan yang baik akan mendatangkan kebaikan kepada penulisnya. Bismillah!

Ibu bagi 2 putri dan 1 putra yang senang menulis untuk melatih raga dan mengolah rasa

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Mengenal Tipe Kepribadian Anak

7 September 2022   12:25 Diperbarui: 7 September 2022   12:50 243 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak dan tipe kepribadiannya (foto: dokpri)

Salah satu tugas terberat orang tua, selain memastikan proses tumbuh kembang fisik anak berjalan baik, adalah membantu membentuk kepribadiannya. Namun semua itu tentu  tidak selalu berjalan mulus, karena tiap anak itu  unik.  Sehingga orangtua perlu memberi perlakuan ke masing-masing mereka secara berbeda.

Di usia nol hingga memasuki golden age, tantangan mendidiknya tidak seberat ketika sudah memasuki remaja. Begitu pula saat anak sudah menginjak usia dewasa awal hingga telah  dewasa sempurna.

Memasuki usia pra remaja-remaja mungkin orangtua akan mulai merasa kewalahan menghadapi prilaku anak. Bentuk-bentuk pemberontakan mulai tampak sehingga tak ayal membuat orangtua kesal bahkan bingung. Sebaliknya, anak  juga tak kalah mangkel karena mereka menilai orang tua tidak mau mengerti apa yang mereka mau.

Ummi K Irawan, S.Psi, Psikolog seorang Competency Development Partner dari Tempa Trainers Guild (TTG) pada acara  webinar series bertajuk 'Personality Plus For Parenting' yang diselenggarakan gerakan #akuberdaya, menjelaskan ada 4 tipe kepribadian yang dapat dijadikan sebagai panduan  pola asuh dan komunikasi dengan anak.

Gerakan #akuberdaya adalah sebuah gerakan yang  diinisiasi oleh desainer Nina Septiana dan secara rutin menyelenggarakan webinar dengan tujuan mendobrak mentalitas perempuan Indonesia agar terlejitkan keberdayaannya.

Keempat tipe ini dikutip Ummi dari buku berjudul  'Personality Plus' karya Florence Littauer yang secara gamblang menjelaskan 4 tipe kepribadian manusia, yaitu:  koleris, sanguins, melankolis dan plegmatis.

Bahkan untuk mengenalinya, orangtua cukup mengamati anak dari cara berjalannya, berbicara, berpakaian hingga cara memilah-milih barang kesukaannya.

Dikatakan Ummi, perilaku atau kepribadian seseorang, ibarat mata uang, memiliki dua sisi, plus dan minusnya.

''Dari  tipe-tipe  kepribadian tersebut tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek. Semuanya memiliki sisi positif, dan sebagai orang tua kita perlu sabar saja ,'' jelas Ummi.

Ummi mengurai kepribadian positif anak berdasarkan tipenya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan