Mohon tunggu...
PMM DESA TEGALGONDO
PMM DESA TEGALGONDO Mohon Tunggu... PMM UMM 2021

PMM Universitas Muhammadiyah Malang 2021 Gelombang 5 Kelompok 6 Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Media Berekspresi Melalui Lomba Mewarnai

22 Juni 2021   12:14 Diperbarui: 22 Juni 2021   12:21 58 1 0 Mohon Tunggu...

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu alternatif yang diimplementasikan oleh pihak Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang dalam kondisi pandemi covid-19 ini. Hal ini dicetuskan karena kegiatan tetap berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mengalami beberapa hambatan akibat dampak dari penyebaran covid-19 di Indonesia sendiri. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini memiliki tujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat.

Dusun Dawuhan yang berada di Desa Tegalgondo banyak terdapat anak-anak usia dini yang sangat gemar belajar sambil bermain sehingga masih membutuhkan media dalam mengekspresikan keingintahuan mereka terhadap sesuatu. Banyaknya anak-anak di Dusun Dawuhan yang memiliki kreatifitas tinggi terhadap seni sehingga kelompok 06 PMM UMM berinisiatif untuk memberikan wadah sebagai ajang berkreasi. dimulai dari persiapan pembelian snack, pembuatan undangan, dan penyebaran undangan. Kegiatan ini disambut baik oleh para orang tua sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik. Lomba ini dimulai dari pagi hingga menjelang siang yang diikuti sebanyak 25 peserta.

Program kegiatan "Lomba Ceria" yang dilakukan oleh mahasiswa kelompok 06 PMM UMM bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, menyalurkan hobi serta menumbuhkan bakat dalam dirinya. Melalui kegiatan ini mereka bisa menuangkan beragam imajinasi sehingga gambar yang dihasilkan menunjukkan tingkat kreatifitas dalam diri. Dalam penilaian Lomba Mewarnai, Hiqmah Putri dan Dewi Maulidiyah selaku juri memiliki kriteria dalam menentukan hasil karya seperti kerapian, kreatifitas, ketepatan waktu. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini yaitu meningkatkan kemampuan motorik anak dalam mengenali garis, warna dan bentuk. Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap anak-anak yang telah mengikuti lomba ceria dengan memberikan snack, untuk anak-anak yang memenuhi kriteria penilaian diberikan hadiah. Kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif.   

VIDEO PILIHAN