Mohon tunggu...
Capt Maha Dewa Agni Jatayu
Capt Maha Dewa Agni Jatayu Mohon Tunggu... Pilot - Profesional Pilot

Sky Is A Fast Place But There Is No Room For Error - Kompasianer Since 2015

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Di Tawari Jadi "SPY AGENT"

21 November 2018   09:29 Diperbarui: 7 Desember 2018   17:44 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kejadian ini terjadi kurang lebih sekitar 11 tahun (2007) yang lalu.Suatu kejadian nyata (Believed Or Not), yang saya anggap suatu pengalaman baru dalam kehidupan saya. Sebagai seorang pilot di negara orang U.S.A.Tidak Terasa sudah hampir 12 tahun saya di negara yang di kata kan "Super Power" di dunia.Memang tidak bisa di pungkiri yang namanya negara maju, tentu saja memiliki berbagai macam & hal yang tidak di miliki oleh negara yang belum maju (Berkembang) Khususnya dalam bidang teknologi kedirgantaraan.Mereka memiliki segudang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hal tersebut.

Dalam dunia penerbangan sipil & militer dunia, U.S.A adalah salah 1 (Satu) yang menjadi rujukan oleh para aviator dunia.Perkembangan teknologi  mereka terkadang sampai kita geleng kepala.Tidak jarang bagi kita adalah hal yang baru buat kita, tapi buat mereka adalah kebalikannya.oleh karena itu seorang pilot di tuntut untuk selalu belajar hal - hal yang baru.Khususnya lagi pada bidang kerja yang sekarang ini di gelutinya.

Kebetulan saya punya pesawat pribadi di sini.Jangan salah sangka dulu, saya punya karena.Harganya hampir sama dengan mobil baru sekelas " Toyota Alpard - 2 Unit" di Indonesia.Harga bervariasi dari 160 Ribu US $ - 500 Ribu US $Tergantung tahun pembuatan serta kondisinya. Saya beli second (Tahun 1985 - 225 Ribu US $) & di rekondisi lagi supaya laik udara.Serta memenuhi standar operasional & keselamatan penerbangan seperti yang di persyaratkan.Pesawat kecil di sini sangat banyak di jual, baik  baru, second atau ngerakit sendiri.Tinggal beli "Blue Print" pesawat swayasa yang kita mau (Bahan Pembuatannya Juga Tersedia) Sekolah penerbang pun banyak tersebar di U.S.A.Kalau pukul rata, seorang awam biasa bisa menjadi pilot sekitar 6 - 9 bulan pendidikan di sini.Dengan biaya sekitar 35 Ribu US $ - 50 Ribu US $.Sangat berbeda dengan di negara kita Republik Indonesia.

a33-5bf4ad04677ffb7a241ed012.jpg
a33-5bf4ad04677ffb7a241ed012.jpg
Pesawat saya tipe "Beachcraft B 58P Baron "Pesawat yang enak buat di terbangkan.Kalau di sekolah penerbangan, pesawat ini di jadikan sebagai pelatihan untuk siswa terbang lanjut (Advanced).Setelah biasanya selesai tuntas pembelajaran & prakteknya di pesawat "Single Piston Engine" seperti "Cessna 172 D".Spesifikasinya adalah seperti di bawah ini :

" Cruise Speed 200 Knots - Engine Teledyne Continental Motors IO - 550 - C 300 HP - Propeller Three Bladed Mc Cauley Constand - Speed Variable Pitch - Maximum Range 1569 NM - Service Ceiling 20688 feet - Fuel capacity 142 gallons - Maximum Gross weight 5524 Pounds - Lengt 29 Feet & 10 Inches - Wingspan 37 Feet & 10 Inches - Height 9 Feet & 9 Inches - Seating Up T0 6 Passengers - Useful Load 1613 Pounds "

a35-5bf4b206677ffb61ea6981a5.jpg
a35-5bf4b206677ffb61ea6981a5.jpg
Pesawat ini mempunyai registrasi U.S.A "N" Kalau di Republik Indonesia "PK" Serta saya daftarkan di "Rock Cliffe Flying Club".Di sanalah pesawat ini di simpan, rawat & di gunakan oleh saya apabila ada waktu senggang atau libur bersama keluarga.

a38-5bf4b309c112fe52c214df23.jpg
a38-5bf4b309c112fe52c214df23.jpg
Saya mempunyai kebiasaan (Terbang) melakukan "Circuit Pattern " Atau pola "Take Off & Landing" pada "Runway" yang ada di sana.Sebenarnya ini adalah pola baku yang sangat saya pahami & kuasai 100 % dalam bidang kerja saya.Namun saya hanya ingin mengasah "Flying Skill" saya pada B 58 P yang saya miliki.Ada 1 (Satu) yang saya sukai adalah melakukan "Short Take Off Landing" atau lepas landas & mendarat pada jarak yang pendek di landasan atau lapangan terbuka.Saya melakukan hal ini secara berulang kali.Biasanya dengan berbagai macam kondisi cuaca.Sebagai antisipasi apa bila nanti, saya mengalami keadaan yang sama dalam pekerjaan saya sebagai "Air Cargo Pilot"Di F.C saya melakukan berbagai macam cara terbang yang tidak bisa saya lakukan di tempat kerja saya.Sekalian kumpul sesama "The Lover Aviator" yang mempunyai "Back Ground" berbagai macam.Ada yang kerjanya di pemerintahan, swasta, wiraswasta & lain sebagainya.

a37-5bf4b987677ffb67b22889a2.jpg
a37-5bf4b987677ffb67b22889a2.jpg
Rupanya aktifitas saya itu ada yang memperhatikan ? sebenarnya saya tidak mengetahui hal tersebut.Saya di beri tahu oleh seorang teman dengan pofesi sebagai "Aircraft Mechanic" yang ada di F.C.Pada waktu saya sedang membersihkan B 58 P "Nusantara" nama pesawat saya.Ia mengatakan sekitar 2 hari yang lalu ada orang (2 Orang) yang datang & bertanya mengenai saya di F.C.Kemudian orang tersebut juga bertanya pada beberapa orang, termasuk ia mengenai saya.Ia hanya mengatakan bahwa saya orang Indonesia & sudah sekitar 5 tahun sebagai "Member" dari F.C Serta bekerja di airlines (Dulu) & perusahaan angkut udara di New York.Yang jelas menurut pengakuan dari teman saya tersebut, kalau di lihat seperti dari orang pemerintahan.Kebetulan yang bersangkutan dulu pernah aktif bekerja di "US Army".

Sebenarnya tidak ada hal yang aneh saya lakukan selama di negara "Uncle Sam" ini.Cuma pemberitahuan teman saya ini, menjadikan saya mempunyai perasaan yang tidak enak.Hal ini saya sampaikan kepada pihak keluarga saya.Mereka juga terkejut & bertanya - tanya apa sebenarnya yang sedang terjadi dengan saya.Segala macam pertanyaan silih berganti masuk dalam pikiran saya, namun tidak ada jawaban yang memuaskan.Sampai akhirnya pertanyaan - pertanyaan saya tersebut terjawab.

a36-5bf4bb8843322f3a94744ac6.jpg
a36-5bf4bb8843322f3a94744ac6.jpg
Pada waktu saya & keluarga melakukan "Holiday" di F.C Kami bertemu dengan teman - teman serta keluarga mereka.Di mana biasanya kami mengadakan berbagai macam permainan & kompetisi yang ada hubungannya dengan hobby kami.Anak saya sangat menyukai kegiatan terbang gembira "Joy Flight" bersama - sama.Kami terbang antara 5 - 9 pesawat dengan rute yang telah di tentukan dengan "Intrument Flying & Visual Flying" suatu kegiatan yang menumbuh kembangkan minat mereka para "The Young Aviator" untuk bisa membaktikan dirinya kelak di dunia penerbangan.

Singkat kata, sewaktu saya sedang berdiri dekat "Nusantara" Saya di datangi seseorang yang mengenakan pakaian seperti seorang pilot jaman dulu.Lengkap dengan "Google Helmet" di kepalanya & tidak ketinggalan jaket berbulu di kerahnya.Pokoknya sangat mirip, karena apa yang di pakainya dari atas hingga bawah menampakan hal itu secara real.Mempunyai wajah yang menyenangkan & berumur sekitar (Taksiran Saya) antara 28 atau 30 an.Cuma selama ini saya belum pernah menemui orang ini di F.C, siapakah gerangan ia ? Ia memperkenalkan diri bernama "Brian" lalu ia mengajak saya bicara mengenai hal yang berhubungan dengan penerbangan yang ada saat ini.Sekitar 15 menit berbicara, ia kemudian mengajak saya untuk agak minggir (Keluar) dari wilayah yang agak tenang.Saya lalu mengajaknya ke pinggir "Apron" dekat "A.T.C Tower" ia bertanya pada saya apakah mau terbang di tempat usaha koleganya ? Ia lalu berkata pada saya, bahwa ia telah lama memperhatikan saya (2 Tahun) ! Serta ia mengetahui secara datail mengenai diri saya.Sambil ia mengatakan, hal yang merupakan penting dengan diri saya & apa yang di katakannya tidak meleset ! Antara takut & gembira.Akhirnya saya bertemu langsung dengan orang yang selama ini telah memusingkan pikiran saya ! Saya lalu bertanya, apa maksudnya dengan mengawasi serta mencari & menghimpun informasi mengenai hal saya.Ia tersenyum, lalu menyatakan bahwa ia adalah merupakan "Government Agency" sambil memperlihatkan I.D Card & Lencana Kewenangan yang di milikinya  Tidak lama datang seseorang medekati posisi kami berbicara & memperkanalkan diri bernama "James" berpakaian stelan jas lengkap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun