Mohon tunggu...
Capt Maha Dewa Agni Jatayu
Capt Maha Dewa Agni Jatayu Mohon Tunggu... Profesional Pilot

Seorang Profesional Pilot Menulis Buat Berbagi Pengalaman & Ilmu Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Apa Itu "Angle of Attack"?

8 November 2018   14:34 Diperbarui: 10 November 2018   01:42 0 4 2 Mohon Tunggu...
Apa Itu "Angle of Attack"?
https://www.nbcsandiego.com

Hari Ini Kamis, Tanggal 08, Bulan November, Tahun 2018.Berdasarkan Keterangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi Republik Indonesia.Menyatakan adanya "Indikasi " kerusakan pada alat yang di sebut "Angle Of Attack" pada pesawat Boeing 737 MAX 8 PK - LQP yang mengalami musibah pada beberapa waktu yang lalu.

Serta keterangan ini menyertakan juga bahwa, A.O.A yang terpasang adalah dalam kondisi bekas pakai.KNKT RI masih di melakukan investigasi secara mendetail kepada pihak Lion Air.

Untuk mempersingkat waktu, saya akan mulai pelajaran kali dengan apa yang di maksud dengan : 

Aerodinamika Adalah : "Suatu Gaya Yang Di Timbulkan Akibat Dari Aliran Udara Atau Zat Alir Lainnya - Fluida" 

Hukum Bernouli : "Semakin Cepat Udara Bergerak Maka Semakin Kecil Tekanannya"

https://www.xmome.com
https://www.xmome.com
Pada sayap pesawat terbang, sayap di buat sedemikian rupa sehingga penampang bagian atas permukaannya.Mempunyai garis atau jarak yang lebih panjang pada jarak permukaan bawah.Hal ini juga di maksudkan, agar udara yang yang melewati bagian atas sayap menempuh jarak yang lebih jauh dari pada permukaan bawah.

Untuk hal itu maka udara yang mengalir pada bagian atas harus mempercepat lajunya supaya bisa bertemu dengan udara yang melewati bawah sayap.

Artinya : Kecepatan udara atas lebih cepat dari pada kecepatan udara di bawah.Akibat dari kecepatan yang lebih cepat, maka tekanan yang di hasilkan lebih kecil dari pada tekanan yang ada pada bawah sayap.Karena perbedaan tekanan inilah maka timbul gaya angkat (Lift) pada sayap.Yaitu : "Tekanan Besar Di Bawah Sayap Akan Mendorong Sayap Pesawat Ke Atas" Sehingga pesawat akan terangkat naik.

APA ITU ANGLE OF ATTACK ?

Yaitu : "Sudut serang Sayap Pesawat Terhadap Badan Pesawat & Terhadap Datangnya Udara Dari Depan

Sayap yang tidak terpasang sejajar dengan badan pesawat, tetapi bagian posisi depannya lebih tinggi dari bagian belakang sayap. Akan mengakibatkan tekanan udara ke bawah sayap & pesawat akan terangkat naik sebesar udara yang tertekan ke bawah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2