Mohon tunggu...
Dewa Nirwana
Dewa Nirwana Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

baik

Selanjutnya

Tutup

Trip

Wonderful of Karimunjawa

1 Desember 2022   11:16 Diperbarui: 1 Desember 2022   11:33 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia memiliki wisata bahari yang indah dan menakjubkan salah satunya adalah Karimun jawa. Pulau ini merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju pulau Karimunjawa bisa dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dengan menggunakan Kapal Motor Cepat KARTINI 1. yang waktu tempuhnya kuang lebih 3,5 jam, dengan kapasitas 160 penumpang, selain kapal ini bisa juga menggunakan Kapal Motor Penumpang MURIA/ FERRY dari pelabuhan jepara yang waktu tempuhnya 6 jam, dengan kapasitas 250 penumpang.

Karimunjawa telah ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Jepara sejak 15 Maret 2001. Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, mangrove, hutan pantai dan hampir 400 spesies hewan laut, termasuk 242 spesies ikan hias. Wonderful Indonesia Beberapa fauna langka yang hidup di sini antara lain elang laut dada putih, penyu sisik dan penyu hijau. Tumbuhan khas Taman Nasional Karimunjawa adalah dewadaru (Crystocalyx macrophyla) di hutan hujan dataran rendah. Karimunjawa memiliki ombak yang rendah dan lembut serta dikelilingi oleh pantai berpasir, sebagian besar berpasir putih halus.

Pantai Karimunjawa masih terjaga keletariannya dikarenakan masih belum ramainya pengunjung dan tangan-tangan usil. Karimun Jawa merupakan kawasan pesisir yang terdiri dari 27 pulau kecil di bagian selatan Pulau Jawa. Keindahan Karimun Jawa menjadikan kawasan tersebut sebagai cagar alam atau taman nasional yang dilindungi oleh pemerintah.

Di Pulau Karimunjawa kalian bisa melepas stres dikarenakan pulau ini memiliki keunikan tesendiri seperti :

  • Diving

Karimunjawa terkenal mempunyai spot diving yang terbaik, sepertinya ada spot kapal karam yang suasananya sangat sunyi dan misterius. lalu banyak juga terumbu karang (soft coral) berwarna-warni yang sangat indah berjuang untuk hidup dan tumbuh terus.

  • Berenang di Penangkaran Hiu

Setelah melakukan diving kita bisa pergi menuju Pulau Menjangan disana kalian akan bertemu dengan ebuah penangkaran hiu. Sangat menarik bukan kalian bisa berenang dengan di temani dengan ikan bergigi tajam yang tentunya akan memacu adrenalin kamu. Tetapi jangan khawatir kalian akan ditemani dengan seorang pemandu agar kalian tetap aman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun