Mohon tunggu...
Dewa Gede Anom Santhika
Dewa Gede Anom Santhika Mohon Tunggu... Wiraswasta - berkeluarga

menambah pengalaman, belajar hal hal yang baru , membina rumah tangga yang bahagia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PKBM Hasta Kria Menjalin Kerjasama Baru

28 Juli 2022   21:52 Diperbarui: 28 Juli 2022   21:56 57 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi PKBM "Kunjungan executive marketing Kaori academy center

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan lembaga sebagai wadah dimana seluruh kegiatan belajar masyarakat dalam rangka peningkatan pengetahuan, keterampilan/kemampuan, minat sampingan, atau bakat, yang dikelola dan diselenggarakan sendiri oleh lembaga yang dibentuk oleh masyarakat. 

PKBM merupakan sebagai wahana untuk mempersiapkan individu-individu/warga masyarakat agar bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk dalam hal meningkakan pendapatannya. 

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah pendidikan masyarakat serta kebutuhan akan pendidikan masyarakat, definisi PKBM terus disempurnakan terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi, yang merupakan kebutuhan lembaga, sasaran, kondisi daerah serta model pengelolaan untuk terus bersinergi dalam mencetak sdm yang berkualitas.

Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan, terutama pekerjaan yang mengguakan standar kompetensi dan status pendidikan dalam sebagai syarat diterima dalam sebuah perusahaan, namun saat ini masih ada beberapa masyarakat yang belum menikmati pendidikan formal yang layak dan kesempatan belajar di usia sekolah. 

Hal ini disampaikan oleh "Ketut Raka, S.Pd, M.Si",sebagai Pembina sekaligus pendiri yayasan Hasta Kria Pandu, bahwa untuk wilayah Kabupaten Buleleng saat ini masih terdapat warga/calon peserta didik yang memiliki maslah terkait pendidikan. 

Hal ini sudah digagas oleh beliau semenjak tahun 2005, untuk ikut mendukung program program pemerintah untuk memajukan SDM dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat serta untuk dapat ikut bersaing didunia kerja saat ini.

PKBM Hasta Kria sudah banyak mencetak SDM yang sudah mengikuti program pendidikan kesetaraan dari paket A setara SD, psket B setara SMP, dan kejar Paket C yang setara dengan pendidikan SMA. 

Hal ini cukup membantu para warga/peserta didik untuk mengikuti program pendidikan non-formal yang dilaksanakan oleh lembaga PKBM Hasta Kria, dimana system pembelajaran yang dilakukan cukup fleksibel dan dapat diikuti oleh para warga/peserta didik dari berbagai kalangan. 

Sehingga para lulusan dari pendidikan kesetaraan PKBM Hasta Kria setelah mendapatkan ijazah kelulusan dapat ikut bersaing di dunia kerja, maupun dapat mengikuti pendidikan tahap lanjut seperti mengikuti pendidikan di perguruan tinggi yang mereka inginkan.

Lulusan pendidikan kesetaraan kejar paket ini juga sudah bisa diterima untuk mengikuti / berpeluang untuk menjadi calon "Pekerja Migran Indonesia (PMI)", hal ini didukung oleng lembaga PKBM Hasta Kria, dengan mengundang secara langsung pihak terkait untuk melakukan sosialisasi kepada para lulusan kejar paket C, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan