Mohon tunggu...
Devy AgustinKartika
Devy AgustinKartika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang

tidak ada kata terlambat dalam mengejar impian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Melaksanakan Pendampingan Pembuatan Papan Denah dan Sejarah Desa Sambilawang

24 Juli 2021   10:06 Diperbarui: 24 Juli 2021   11:19 56 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Melaksanakan Pendampingan Pembuatan Papan Denah dan Sejarah Desa Sambilawang
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Kamis (22/07/2021), Mahasiswa KKN UM Pulkam Mojokerto kelompok 2 beserta para warga masyarakat melakukan proses finishing pemasangan "Papan Denah dan Sejarah Desa Sambilawang". Pembuatan papan denah dan sejarah Desa Sambilawang bertujuan guna merawat ingatan sejarah desa, sehingga nantinya diharapkan para warga masyarakat tidak melupakan sejarah asal-usul para sesepuh pendiri desa, selain itu juga dengan adanya denah desa maka para warga masyarakat mengetahui pembagian administrasi wilayah Desa Sambilawang.

Berkaitan dengan merawat ingatan sejarah, maka hal ini sejalan dengan pendapat Kuntowijoyo (2003) yang menyatakan bahwa desa merupakan kesatuan teritorial dan administratif lebih banyak diminati oleh peneliti diluar disiplin ilmu Sejarah. Dari pendapat Kuntowijoyo dapat disimpulkan bahwasannya sejarah desa merupakan salah satu hal yang sedikit kurang diminati karena sumber-sumber penulisan sejarah yang sangat terbatas oleh karena itu mahasiswa KKN UM Pulkam Mojokerto kelompok 2 mengadakan pendampingan pembuatan papan denah dan sejarah guna mengedukasi masyarakat akan pentingnya sejarah desa.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Adapun berbagai tahapan dilalui ketika proses pendampingan pembuatan papan denah dan sejarah desa, pada proses awal mahasiswa KKN UM Pulkam Mojokerto kelompok 2 mengumpulkan informasi sumber melalui wawancara dengan sesepuh desa atau tokoh masyarakat yang mumpuni dalam sejarah Desa Sambilawang yakni Bapak Parsudi (26/06/2021) yang mengatakan bahwasannya asal-usul sejarah Desa Sambilawang ini berdasarkan nama yang disematkan oleh para sesepuh Desa Sambilawang.

Nama Sambilawang berasal dari Sambi (pohon) dan lawang (pintu). Pohon Sambi, Kusambi, Kesambi, Kecacil (Schleichera Oleosa) adalah pohon daerah kering dan masuk kedalam anggota suku Sapindaceae, kayu kesambi ini ulet, kenyal, dan tahan terhadap perubahan cuaca yang berganti-ganti terutama wilayah beriklim tropis seperti Indonesia, sehingga kayu dari pohon kesambi ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan perkakas rumah tangga. Sedangkan kata Lawang merupakan kata serapan dari bahasa Jawa yang memiliki makna pintu. Menurut sumber cerita dari sesepuh Desa Sambilawang mengatakan bahwasannya sejarah Desa Sambilawang berawal ketika para sesepuh desa menebang kayu pohon sambi dan digunakan sebagai bahan baku pembuatan pintu (lawang), pemilihan kayu pohon sambi ini karena kayu pohon sambi yang terkenal ulet dan tahan terhadap pergantian cuaca. Oleh karena itu nama Sambilawang merupakan gabungan dari kata Sambi dan Lawang.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Setelah mengetahui sejarah desa maka tim KKN UM Pulkam Mojokerto kelompok 2 melakukan kegiatan perencanaan kerangka papan denah dan sejarah desa guna menentukan bahan beserta ukuran yang dibutuhkan dalam pembelian bahan baku. Antusias masyarakat cukup tinggi ketika proses pembuatan papan denah dan sejarah desa dari mulai tahap perencanaan hingga tahap finalisasi. Selama proses pembuatan papan denah dan sejarah desa mahasiswa KKN UM Pulkam Mojokerto kelompok 2 memperoleh arahan dari bapak Kepala Desa Sambilawang Imam Fachturozi, S.Pd., SD., pada kegiatan ini berlangsung secara bertahap dari tanggal 26 Juni-22 Juli 2021. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat merawat ingatan akan sejarah Desa Sambilawang dan dengan adanya denah desa juga turut mempermudah bagi para pendatang mengetahui letak dari dusun-dusun yang masuk kedalam wilayah administratif Desa Sambilawang.  

 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN