Mohon tunggu...
devita cahyani
devita cahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya menyukai musik dan dance

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendidikan yang Memanusiakan Manusia

7 Desember 2022   21:34 Diperbarui: 7 Desember 2022   22:04 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDIDIKAN YANG MEMANUSIAKAN MANUSIA

Penulis: Devita Cahyani

Pendidikan adalah suatu proses yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk karakter seseorang dan menjadikannya sebagai individu yang berguna bagi masyarakat maupun untuk dirinya sendiri. Pada Pendidikan manusia juga dapat mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup.

Pendidikan yang memanusiakan manusia adalah pendidikan yang menekankan pada pembentukan karakter dan kepribadian seseorang dan berperan dalam mengembangkan potensi seseorang, sehingga mereka dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan dapat hidup secara harmonis dengan orang lain serta dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang kondusif.

Pendidikan memiliki peran penting bagi keberlangsungan dan kemajuan manusia. Pendidikan  bukan hanya tentang mengajar seseorang untuk  bisa membaca, menulis, atau menghitung. Tetapi pendidikan tentang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk tumbuh ddan berkembang secara pribadi, sosial, dan intelektual. Pendidikan membantu kita untuk memahami dunia yang ada disekitar kita dan memberikan pengarahan tentang bagaimana cara berinteraksi dengan cara yang efektif. Melalui pendidikan seseorang dapat memperoleh pengetahuan, keterammpilan, dan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk hidup dan bekerja secara produktif dalam lingkungan masyarakat.

Tetapi pendidikan tidak hanya bermanfaat bagi individu saja, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan. Masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi cenderung lebih stabil, sejahtera, dan inovatif. Pendidikan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah yang dihadapi seperti pengangguran, kemiskinan, dan ketidakadilan sosial. Oleh karena itu, setiap negara harus memberikan kesempatan pendidikan yang merata dan berkualitas untuk seluruh rakyatnya. Pendidikan harus menjadi prioritas bagi pemerintah dan masyarakat.

Pendidikan yang memanusiakan manusia juga menekankan pada pemberian kemampuan kepada seseorang untuk dapat berpikir secara kritis dan memecahkan masalah yang dihadapi dengan cara yang bijaksana dengan mempertimbangkan berbagai aspek. 

Dengan demikian, seseorang akan dapat mengembangkan potensinya secara maksimal dan menjadi individu yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi berbagai situasi yang dihadapinya. Namun, tidak semua jenis Pendidikan mampu menerapkan dan dapat dijadikan pendidikan yang memanusiakan manusia. Pendidikan yang dapat memanusiakan manusia ialah pendidikan yang mampu memberikan pendidikan yang berkualitas sehingga menciptakan manusia yang memiliki sikap tanggung jawab, berkepribadian, dan bermartabat.

Selain itu, pendidikan yang memanusiakan manusia juga menekankan pada pentingnya membudayakan keberagaman dan toleransi terhadap perbedaan. Pendidikan yang baik harus mampu menanamkan rasa empati pada diri sendiri dan perasaan empati bagi seseorang, sehingga mereka dapat menerima dan menghargai perbedaan yang ada di masyarakat. 

Dengan demikian, seseorang akan dapat hidup secara harmonis, tenang, dan damai dengan orang lain, tanpa adanya konflik atau permasalahan yang diakibatkan oleh perbedaan yang ada. Pendidikan yang memanusiakan manusia juga harus mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi seseorang untuk dapat berperan aktif dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan yang baik harus mampu menyiapkan seseorang untuk dapat bekerja dan berkarya, sehingga mereka dapat memberikan dedikasi yang positif bagi masyarakat.

Pendidikan yang memanusiakan manusia harus mampu dalam menghasilkan lulusan dan menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan atau diperlukan dalam dunia kerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun