Mohon tunggu...
Devita Eka Fitriani
Devita Eka Fitriani Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR Terkait Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning

9 Desember 2022   09:05 Diperbarui: 9 Desember 2022   09:33 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

SITUASI

Latar Belakang Masalah 

Pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran akuntansi. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa hanya menerima materi dari guru, dan kurang diberikan kesempatan untuk berdiskusi. Dengan kondisi demikian, siswa menjadi tidak antusias selama proses pembelajaran. Tidak jarang siswa melakukan kegiatan lain seperti mengobrol dengan temannya, mengantuk dan tidak fokus ketika diberi pertanyaan. Kondisi ini juga ditunjukkan ketika siswa melakukan presentasi. Siswa lain jarang menanggapi sehingga jalannya diskusi menjadi pasif. 

Faktor lain yang menyebabkan keaktifan belajar peserta didik rendah adalah guru kurang kreatif merancang pembelajaran. Guru belum mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran interaktif. Banyak game edukasi yang dibisa dimanfaatkan guru dalam pembelajaran, namun guru belum mampu memanfaatkan secara maksimal. 

Dengan kondisi pembelajaran tersebut, berdampak terhadap hasil belajar siswa. Siswa merasa tidak minat dengan materi yang dibahas sehingga siswa malas bahkan enggan untuk mengerjakan soal maupun tugas yang diberikan guru. 

Praktik Ini Penting untuk dibagikan

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, sehingga berdampak pada perbaikan hasil belajar siswa. Dengan praktik yang saya bagikan diharapkan dapat membantu rekan-rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama mampu mengatasi permasalahannya. Selain itu praktik ini bisa menjadi referensi rekan guru melakukan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa.

Peran Dan Tanggung Jawab

Dalam praktik baik ini, saya berperan sebagai guru akuntansi yang bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan yang ada. Saya bertanggungjawab merancang pembelajaran dengan membuat RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, LKDP, Alat dan Bahan Pembelajaran serta Instrumen Penilaian.

Sebagai bukti praktik baik ini saya juga harus mendokumentasikan seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran sebagai bentuk penyelesaian masalah yang ada. Sehingga tujuan yang akan dicapai dapat tercapai.  

TANTANGAN 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun