Mohon tunggu...
KKN UM BANJARAGUNG 2021
KKN UM BANJARAGUNG 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Kumpulan Kegiatan Program Kerja KKN

Selanjutnya

Tutup

Digital

Mudahkan Pelayanan Publik, Mahasiswa KKN UM Lakukan Pengelolaan Website Desa Banjaragung

24 Juli 2021   09:01 Diperbarui: 25 Juli 2021   10:47 75 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mudahkan Pelayanan Publik, Mahasiswa KKN UM Lakukan Pengelolaan Website Desa Banjaragung
Website Resmi Desa Banjaragung (dokpri)

Website desa merupakan sarana untuk mencari informasi mengenai suatu desa, yang biasanya berisi tentang kabar desa terkini, transparansi desa, serta informasi-informasi lainnya. Tentunya hal tersebut sangat penting untuk mempermudah masyarakat luas dalam mencari informasi mengenai Desa Banjaragung, sementara itu website Desa Banjaragung telah berhenti melakukan update sejak tahun 2019. Oleh karenanya kami mahasiswa KKN UM memiliki tujuan untuk menghidupkan kembali website Desa Banjaragung.

Pada hari Kamis, 15 Juli 2021, mahasiswa KKN UM bertemu langsung dengan salah satu perangkat desa yang bernama Bapak Prasetyanto yang juga bertugas sebagai pengelola website Desa Banjaragung. Mahasiswa KKN UM meminta perizinan terlebih dahulu untuk melakukan pengelolaan website desa banjaragung dan kebetulan Bapak Prasetyanto sendiri mendukung program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UM. Pada saat itu Beliau meminta beberapa hal, seperti mengubah tema website, membuat website desa agar lebih menarik, dan menambah salah satu menu pelayanan online DISPENDUKCAPIL kabupaten Jombang.

Perizinan dengan perangkat desa terkait pengelolaan website desa  (dokpri)
Perizinan dengan perangkat desa terkait pengelolaan website desa  (dokpri)

Setelah mendapatkan perizinan pengelolaan website, Mahasiswa KKN UM memulai beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memenuhi beberapa permintaan dari Bapak Prasetyanto. Langkah awal yang dilakukan yaitu sedikit mengubah tema, background, serta tampilan sampul website agar lebih menarik. Dengan tampilan yang baru, diharapkan pembaca dapat lebih menikmati beberapa konten yang telah tersaji dalam website Desa Banjaragung.  

Proses pengelolaan website desa  (dokpri)
Proses pengelolaan website desa  (dokpri)
Langkah selanjutnya yaitu membuat halaman terkait pengajuan pelayanan online DISPENDUKCAPIL Kabupaten Jombang dan mengunggah halaman tersebut lalu diletakkan pada menu utama website Desa Banjaragung. Selain itu, mahasiswa KKN UM juga menyajikan gambar peta Desa Banjaragung dan juga membuat struktur organisasi pemerintah Desa Banjaragung.

Tampilan terbaru dari website Desa Banjaragung  (dokpri)
Tampilan terbaru dari website Desa Banjaragung  (dokpri)
Kegiatan program kerja ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat seperti bisa memberikan informasi kepada masyarakat luas, mudah diakses oleh siapapun, serta dapat menarik minat pembaca / pengunjung yang akan mengunjungi desa. Selain itu, harapan kami yaitu masyarakat desa dapat update informasi terkini terkait desa mereka, baik dari dusun mereka sendiri maupun dusun lain di desa tersebut.  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN