Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Lainnya - Long life hallucinations

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

5 Hikmah yang Bisa Dipetik dari Film "20th Century Girl"

3 November 2022   13:33 Diperbarui: 3 November 2022   13:43 1508
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.firstmedia.com/article/film-20th-century-girl-yang-hangat-dan-menyedihkan

Menurut kalian, apasih pesan moral yang ingin disampaikan dalam film 20th Century Girl? Tentang cinta pertama, kehilangan, atau persahabatan? Kalau menurut saya pribadi, poin terpenting dari film ini adalah tentang menghargai perasaan. Bahwasanya setiap perasaan itu berharga meski berada di situasi yang tidak tepat.

Perasaan Bo ra dan Woon ho adalah hal istimewa yang mereka ciptakan. Persahabatan Yeon du dan Bo ra juga dipenuhi dengan perasaan saling menjaga dan memiliki. Begitu juga dengan Hyun jin yang tidak keberatan berteman baik dengan Bo ra meski sudah ditolak saat mengajak berkencan.

Seseorang yang bisa menghargai perasaan, maka dia akan mendapatkan balasan perasaan istimewa. Namun hal-hal terkait perasaan memang tak selamanya indah untuk dirasakan. Seperti ending drama ini yang berakhir dengan perasaan menyakitkan. Karenanya kita bisa belajar 5 hal ini :

1. Jangan menjanjikan sesuatu yang membuat orang menunggu

Janji adalah sesuatu yang mengikat perasaan untuk terus terhubung. Orang yang dijanjikan akan terus menunggu selama perasaannya belum memudar. Demikian juga Bo ra yang tetap menunggu Woon ho setelah 15 tahun hilang kabar.

Kita semua tahu bahwa Woon ho berjanji demikian karena sungguh-sungguh ingin kembali. Namun pada akhirnya, Woon ho tidak bisa menepati janjinya karena umur tidak ada yang tahu.

2. Kalau suka, confess sebelum beda alam

Mengakui perasaan suka kepada orang yang disukai bukan hal mudah. Karena pada dasarnya, tidak semua perasaan bisa diungkapkan dan mendapat balasan. Ada kalanya perasaan hanya cukup disimpan agar pada akhirnya memudar dengan sendirinya.

Namun jika memang perasaan suka tersebut dinilai pantas untuk diungkapkan, jangan ragu untuk confess. Katakanlah isi hatimu agar orang yang disukai juga punya pertimbangan. Siapa tahu kalian sebenarnya sama-sama suka namun ragu untuk memulai.

3. Kalau miskomunikasi lewat media sosial, jangan keburu kesal dulu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun