Mohon tunggu...
Devi Ervika
Devi Ervika Mohon Tunggu... Lainnya - Long life hallucinations

✨

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

3 Hal yang Mendominasi Pikiran Saat Sulit Tidur

8 Agustus 2022   02:34 Diperbarui: 8 Agustus 2022   06:10 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa bulan terakhir jam tidurku berantakan. Padahal di waktu-waktu ini aku justru sudah mengurangi kegiatan malam. Biasanya aku harus latihan, kerja, atau sekedar nugas hingga larut atau bahkan menjelang pagi. Tapi setelahnya aku bisa tidur dan bangun sesuai rencana.

Intinya adalah bahwa aku sama sekali tidak ada niat bergadang. Tidur cepat dan bangun lebih awal adalah yang aku inginkan. Namun yang terjadi setiap malam adalah aku kesulitan untuk tidur.

Meski sulit tidur, aku tidak lagi bergadang nonton drakor, sudah lama aku tidak melakukannya. Aku hanya mengikuti beberapa drama on going sehingga menontonnya tidak memakan waktu.

Sulit tidur hingga menjelang pagi seperti ini, sejujurnya pikiranku menjadi kacau. Benar aku menikmati tenangnya malam, namun bukan konsep seperti ini yang aku inginkan. Justru hal ini yang aku rasakan saat masih terjaga hingga jam segini :

1. Cemas

Sulit tidur membuat kecemasanku meningkat. Aku cemas tentang pagi hariku yang menjadi tidak normal. Kalau boleh jujur, aku juga tidak suka tidur di pagi hari. Namun aku selalu terpaksa melakukannya karena malam belum tidur.

Aku cemas karena berfikir bahwa bergadang menjadikan esok hariku menjadi buruk. Aku cemas tidak bisa melakukan kegiatan besok dengan baik. Padahal aku punya planning, tapi gagal karena aku terlalu mengantuk untuk beraktifitas.

Namun kecemasan ini bisa mereda jika aku menuntaskan banyak hal selama sulit tidur. Aku biasanya melakukan aktivitas random selain mengerjakan pekerjaan utamaku. Apapun yang kiranya menarik pasti aku kerjakan.

Namun aku telah menetapkan batasan untuk tidak bergadang menonton drakor. Karenanya aku tidak melakukannya meski terkadang sudah gabut maksimal. Untungnya juga aku sekarang penikmat drama on going. Jadi emang nggak perlu ada episode numpuk yang harus dibuat bergadang.

2. Bad mood

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun